IRNA NUR AENI, 17401153399 (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN MENJADI ANGGOTA PADA BMT ISTIQOMAH DAN BMT MUAMALAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (735kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (188kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (354kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Keputusan Menjadi Anggota Pada BMT Istiqomah dan BMT Muamalah Tulungagung” disusun oleh Irna Nur Aeni NIM 17401153399 pembimbing Dr. Ali Mauludi AC, M.A. Penelitian ini dilatar belakangi oleh munculnya banyak lembaga keuangan syaraiah yang membuat persaingan semakin ketat. BMT Istiqomah dan BMT Muamalah Tulungagung merupakan salah satu BMT yang memiliki kenaikan jumlah anggota setiap tahunnya. Diperlukan suatu upaya untuk mencapai tujuan BMT. Komunikasi pemasaran merupakan salah satu sarana lembaga keuangan syariah dalam menyampaikan informasi, membujuk, mengaitkan produk yang dimiliki baik secara langsung maupun tidak langsung kepada anggota BMT. Tujuan dalam penelitian ini yakni untuk mengetahui strategi komunikasi iklan, sales promotion, public relation, personal selling, dirrect selling pemasaran dalam meningkatkan keputusan menjadi anggota pada BMT Istiqomah dan BMT Muamalah Tulungagung beserta kendala dan solusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Strategi komunikasi iklan di BMT Istiqomah Tulungagung memperhitungkan beban biaya yang dikeluarkan dengan dampak yang akan diterima. BMT Muamalah Tulungagung berfokus pada penentuan pasar, perancangan informasi dan pesan yang akan disampaikan .2) BMT Istiqomah dan BMT Muamalah memanfaatkan event atau hari besar untuk melakukan sales promotion. 3) BMT Istiqomah Tulungagung memperhatikan cara untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat. Sementara pada BMT Muamalah Tulungagung melakukan riset serta analisa terhadap kebutuhan masyarakat yang selanjutnya produk dan layanan yang dimodifikasi, 4) BMT Istiqomah Tulungagung dan BMT Muamalah Tulungagung melakukan analisis dan pengelompokan masyarakat. BMT Istiqomah memiliki kendala minimnya karyawan sehingga solusi yang dilakukan adalah mempertahankan citra dan kinerja karyawan. Kendala BMT Muamalah Tulungagung adalah minimnya pemahaman masyarakat terhadap produk syariah solusinya yakni menyampaikan informasi terkait produk syariah lebih efektif, dan melakukan pengecekan target. 5) BMT Istiqomah dan BMT Muamalah Tulungagung memperhatikan jaringan hubungan antar anggota, skill yang dimiliki karyawan dan basis anggota yang memiliki potensi untuk di prospek pada produk lain yang dimiliki. Kendala strategi komunikasi direct selling adalah cakupan pemasaran terlalu sempit. Solusi yang dapat dilakukan oleh BMT Istiqomah adalah memberikan penawaan khusus atau bonus dan memperhatikan etika bisnis serta melakukan kombinasi strategi komunikasi lainnya. Solusi BMT Muamalah Tulungagung adalah melakukan kombinasi strategi komunikasi lainnya untuk menjangkau cakupan masyarakat. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Pemasaran, Keputusan Menjadi Anggota
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Baitul Maal wat Tamwil Ekonomi > Pemasaran Ekonomi > Strategi Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 17401153399 IRNA NUR AENI |
Date Deposited: | 28 Nov 2023 06:14 |
Last Modified: | 28 Nov 2023 06:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42202 |
Actions (login required)
View Item |