STRATEGI PEMASARAN KEDAI KOPI DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN (Studi Kasus Pada Onderan Kalidawir Kabupaten Tulungagung)

IKKE RAHAYU WIDYANINGRUM, 12405183299 (2023) STRATEGI PEMASARAN KEDAI KOPI DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN (Studi Kasus Pada Onderan Kalidawir Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Kedai Kopi Dalam Meningkatkan Omset Penjualan (Studi Kasus Pada Onderan Kalidawir Kabupaten Tulungagung)” yang ditulis oleh Ikke Rahayu Widyaningrum dengan pembimbing Nurul Fitri Ismayanti, S.E., M.E.I. Penelitian ini berlatang belakangi oleh masalah usaha yang dihadapi dalam meningkatkan usaha kedai kopi, seperti yang dilakukan Kedai Kopi Onderan Kalidawir yang menggunakan strategi. Hal ini karena usaha di bidang food and baverage mempunyai prospek yang cukup menjanjikan. Salah satu usaha kedai kopi saat ini berkembang pesat di daerah Kalidawir Kabupaten Tulungagung, untuk itu penulis memilih Kedai Kopi Onderan Kalidawir sebagai tempat dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini mengangkat masalah yang dirumuskan sebagi berikut, (1) Bagaimana Strategi Pemasaran Onderan Kalidawir dalam meningkatkan omset penjualan dengan menggunakan strategi marketing mix meliputi strategi produk, harga, promosi, tempat, orang, proses serta bukti fisik, dan (2) Apa saja kendala yang dihadapi oleh Kedai Kopi Onderan Kalidawir serta solusi yang diberikan dalam menghadapi kendala tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sampel yang digunakan penelitian ini adalah pemilik, karyawan dan pengunjung dari Onderan Kalidawir dengan jumlah yang sudah ditentukan. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, adapun metode yang digunakan adalah menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun data sekunder yang penulis gunakan merupakan dengan data yang diperoleh secara tak langsung atau melalui sumber lain yang sudah tersedia sebelum penulis melakukan penelitian, yaitu melalui buku, jurnal dan sumber yang lainnya. Hasil dari penelitian kedai kopi Onderan Kalidawir menunjukan bahwa: (1) Strategi Pemasaran di Onderan Kalidawirmampu meningkatkan omset penjualan usahanya. Dari 7 unsur strategi Marketing Mix mempunyai 2 unsur yang sangat berpengaruh yaitu, strategi harga dan bukti fisik. Strategi pemasaran dalam meningkatkan omset penjualan tersebut terbukti dengan produk yang ditawarkan kepada pelanggan yang beragam dan berkualitas, harga yang diberikan juga relatif murah sesuai dengan kantong pelajar, serta bukti fisiknya seperti suasana yang diberikan kepada konsumen membuat konsumen merasa nyaman dan asri karena bangunan yang dimanfaatkan merupakan bangunan lama/rumah joglo yang ada bale nya. (2) Kendala yang dihadapi Onderan Kalidawir yakni, a) modal usaha yang terbatas untuk mengembangan fasilitas penunjang yang ada, b) menu makanan yang ditawarkan kurang bervariasi karena keterbatasan pembuatan, c) promosi kepada pengunjung seperti tidak memberikan diskon atau promo kepada para pelanggan tetap yang hampir setiap hari datang ke Onderan Kalidawir. Sehingga, solusi dalam mengatasi kendala yang dihadapi oleh Onderan Kalidawir yaitu, a) melakukan pembangunan bertahap menggunakan dana yang disisihkan dari pendapatan setiap bulan agar pengunjung merasa nyaman dan berkunjung kembali, b) dengan mengajak salah satu warung yang ada di dekat Onderan Kalidawir bekerjasama, c) dengan mengevaluasi kesalahan, memberikan diskon kepada pengunjung tetap sehingga mereka dapat memberitahu kepada teman mereka atau promosi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Covid-19
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Ikke 12405183299 IKKE RAHAYU WIDYANINGRUM
Date Deposited: 19 Dec 2023 01:33
Last Modified: 19 Dec 2023 01:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42237

Actions (login required)

View Item View Item