MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MTSN 6 BLITAR

FIKA MUHAMMAD AHDAN SABILA, 12207193084 (2023) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MTSN 6 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MTsN 6 Blitar” ini ditulis oleh Fika Muhammad Ahdan Sabila, NIM: 12207193084. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dibimbing oleh Hafidz Rosyidiana, M.Pd Kata Kunci: Manajemen Peserta Didik, Kedisiplinan, Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena lembaga pendidikan yang berdiri untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Setiap lembaga pendidikan mempunyai peranan tersendiri untuk meningkatkan prestasi peserta didik dan membetuk sikap disiplin peserta didik. Sikap disiplin sejak dini penting untuk diterapkan dalam lembaga pendidikan. Disinilah kemudian manajemen kesiswaan menjadi bagian penting yang tak mungkin untuk dipisahkan dengan dunia pendidikan dalam meningkatkan kedisiplinan siswanya. Untuk mengetahui hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana perencanaan manajemen peserta didik dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTsN 6 Blitar?, (2) Bagaimana pelaksanaan manajemen peserta didik dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTsN 6 Blitar?, 3) Bagaimana evaluasi manajemen peserta didik dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTsN 6 Blitar?, Adapun yang menjadi tujuan penelitiann ini adalah untuk mengetahui kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan oleh waka kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa MTsN 6 Blitar. Metode penelitian yang digunakan merupakan kualitatif deskriptif dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi pastisipan dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Sumber data penelitian ini meliputi, 1) person (orang) yaitu, (a) kepala sekolah, (b) waka kesiswaaan, (c) guru, dan (d) siswa. 2) paper (kertas/dokumen) yaitu, berupa dokumen foto-foto kegiatan manajemen kesiswaan. 3) place (tempat) yaitu, di MTsN 6 Blitar. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data dengan uji kredibilitas dan uji konfirmabilitas. Tahap-tahap penelitian meliputi (1) tahap pralapangan, (2) tahap pekerjaan lapangan, (3) tahap analisis data, dan (4) tahap penulisan laporan. Kemudian hasil penelitian yang didapatkan adalah sebagai berikut: 1) perencanaan manajemen peserta didik dalam meningkatkan kedisiplinan siswa MTsN 6 Blitar ialah dengan rapat koordinasi bersama kepala madrasah, waka, staf atau karyawan dan para guru untuk membuat pedoman program kegiatan kesiswaan, dengan ujuan agar pelaksanaan kegiatan kesiswaan berjalan dengan efektif dan efisien, serta dalam perencanaannya melibatkan semua elemen sekolah. 2) pelaksanaan manajemen peserta didik dalam meningkatkan kedisiplinan sesuai dengan program kesiswaan yang telah direncanakan dalam rapat koordinasi yaitu Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA), Senyum Salam Sapa (3S), pengecekan atribut siwa sebelum masuk madrasah, sholat dhuha dan sholat dzhuhur berjama’ah, membaca surat-surat pendek bersama, upacara bendera, dengan kendala yang dihadapi ialah siswa yang sengaja melanggar aturan, untuk strateginya dalam meningkatkan kedisiplinan siswa yaitu bekerjasama dengan tim tata tertib, guru BK, wali kelas, orang tua siswa, dan kapolsek serta koramil, 3) evaluasi kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dilakukan secara berkala, evaluasi dilakukan dengan pengecekan buku absensi serta mencatat setiap pelanggaran yang dilakukan siswa dalam buku catatan pelanggaran siswa yang akan ditangani oleh guru BK dan Tim Tatib, kemudian BK juga memberi laporan ke waka kesiswaan. Evaluasi dilakukan setiap hari dengan cara mengawasi dan memperhatikan, serta memberi arahan setiap kegiatan yang diikuti siswa dan memberikan tindaklanjut berupa hukuman kepada siswa yang melanggar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Manajemen > Pendidikan Islam
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207193084 FIKA MUHAMMAD AHDAN SABILA
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:15
Last Modified: 04 Dec 2023 03:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42242

Actions (login required)

View Item View Item