IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK MARDI PUTRA KEDUNGLURAH POGALAN TRENGGALEK

KHANIA LANJARSARI ALMATIRA, 12206193121 (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK MARDI PUTRA KEDUNGLURAH POGALAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (519kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB)

Abstract

Almatira, Khania Lanjarsari. 12206193121. 2023. “Impementasi Kurikulum Merdeka Belajar Sebagai Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak di Taman Kanak- Kanak Mardi Putra Kedunglurah Pogalan Trenggalek”, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing : Uswatun Hasanah, S.Pd.I. M.Pd. Kata kunci : Kurikulum Merdeka Belajar, Kemandirian Anak Kurikulum merdeka belajar merupakan kurikulum baru yang dibentuk untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya. Kurikulum merdeka belajar memuat program untuk memupuk karakter pelajar pancasila pada anak dengan proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5), yang salah satu karakternya adalah mandiri. Sikap mandiri perlu ditanamkan pada anak sejak dini agar anak mampu menghadapi masalah dan menemukan sendiri cara untuk menyelesaikannya. Fokus penelitian : 1) bagaimana persiapan pembelajaran dengan implementasi kurikulum merdeka belajar sebagai upaya meningkatkan kemandirian anak di taman kanak-kanak Mardi Putra?; 2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan implementasi kurikulum merdeka belajar sebagai upaya meningkatkan kemandirian anak di taman kanak-kanak Mardi Putra?; 3) bagaimana evaluasi pembelajaran dengan implementasi kurikulum merdeka belajar sebagai upaya meningkatkan kemandirian anak di taman kanak-kanak Mardi Putra? Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian disajikan dengan mengolah data yang diperoleh berupa kata-kata dengan berusaha untuk mendeskripsikan dan menginterpretasikan. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data adalah wawancara tidak terstruktur (mendalam), observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil dari penelitian didapatkan : 1) persiapan pembelajaran dengan implementasi kurikulum merdeka belajar di taman kanak-kanak Mardi Putra dilakukan dengan bantuan tim penyusun modul ajar untuk menyususn modul ajar. Kemudian modul ajar dan media pembelajaran disesuaikan dengan sumber belajar yang ada disekitar lembaga.; 2) Pelaksanaan pembelajaran dengan implementasi kurikulum merdeka belajar terbagi menjadi empat kegiatan yakni, pembuka, inti, istirahat, dan penutup. Sebelum pembelajaran dimulai, setiap pagi diadakan senam rutin, simulasi upacara di hari Senin pagi, dan praktik shalat 5 waktu dihari Jumat pagi. Penguatan profil pelajar pancasila dilakukan secara fleksibel baik materi maupun waktu pelaksanaannya. Salah satu karakter pelajar pancasila yang dikuatkan pada diri anak adalah mandiri. Pada kelompok B TK Mardi Putra sikap mandiri pada anak sudah bisa dilihat dengan kemampuan anak dalam menyiapkan apa saja yang dibutuhkan dalam proses belajar, dan ketika anak mampu bertanggung jawab atas segala perilaku dan perbuatannya. 3) Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan empat teknik penilaian, yakni penilaian ceklis, catatan anekdot, penilaian hasil karya, dan foto berseri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193121 KHANIA LANJARSARI ALMATIRA
Date Deposited: 04 Dec 2023 05:35
Last Modified: 04 Dec 2023 05:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42277

Actions (login required)

View Item View Item