STRATEGI GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENANGANI PERILAKU MENYIMPANG PADA SISWA DI SMK NEGERI 1 KRAKSAAN KABUPATEN PROBOLINGGO

NOVIATUL AZIZAH, 12306193097 (2023) STRATEGI GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENANGANI PERILAKU MENYIMPANG PADA SISWA DI SMK NEGERI 1 KRAKSAAN KABUPATEN PROBOLINGGO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Bimbingan Konseling dalam Menangani Perilaku Menyimpang pada Siswa di SMK Negeri 1 Kraksaan Kbupaten Probolinggo” ini ditulis oleh Noviatul Azizah, NIM. 12306193097, Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dzinnun Hadi, S.Sos.I.M.Pd. Kata Kunci:Strategi Guru Bimbingan Konseling, Perilaku Menyimpang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru bimbingan konseling dalam menangani perilaku menyimpang pada siswa di SMK Negeri 1 Kraksaan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu dua guru bimbingan konseling, satu siswa, satu wali kelas, dan satu wali murid atau orangtua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi layanan bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling SMK Negeri 1 Kraksaan terdapat langkah-langkah yang dilakukan meliputi mengidentifikasi perilaku, menyusun rencana kerja, pelaksanaan kegiatan, dan penilaian kegiatan. Strategi layanan bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling pada siswa SMK Negeri 1 Kraksaan meliputi konseling individu, konseling kelompok, bimbingan kelompok, dan bimbingan klasikal. Dalam layanan konseling individual dilakukan pada siswa yang melakukan perilaku menyimpang bolos, tidur di dalam kelas saat jam pelajaran, tidak masuk sekolah tanpa keterangan, mengkonsumsi narkoba, dan mencuri bekal makanan siswa lainnya. Layanan bimbingaan kelompok dilakukan pada beberapa siswa di luar jam pelajaran baik di ruang bimbingan dan konseling maupun di taman sekolah dengan tujuan meminimalisir adanya perilaku menyimpang yang marak terjadi di SMK Negeri 1 Kraksaan, dan hal ini merupakan fungsi preventif sebagai upaya untuk mencegah perilaku menyimpang tidak menyebar luas. Layanan konseling kelompok dilakukan kepada siswa yang melakukan perilaku menyimpang perkelahian, perundungan, dan berpacaran di lingkungan sekolah secara berlebihan. Sedangkan bimbingan klasikal dilakukan kepada siswa dengan tujuan meminimalisir adanya perilaku menyimpang perundungan antar siswa, dan hal ini merupakan fungsi preventif sebagai upaya untuk mencegah perilaku menyimpang perundungan antar siswa tidak semakin banyak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 12306193097 NOVIATUL AZIZAH
Date Deposited: 11 Dec 2023 05:59
Last Modified: 11 Dec 2023 05:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42380

Actions (login required)

View Item View Item