SAPTRIA BINAKA YAHYA MAYA SARI, 2811123023 (2016) KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE AN-NAHDLIYAH DI TPQ MANBA’UL HIKAM KEPATIHAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (455kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (298kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (535kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (112kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (109kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Saptria Binaka Yahya Maya Sari, NIM. 2811123023, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul “Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an dengan Menggunakan Metode An-Nahdliyah di TPQ Manba’ul Hikam Kepatihan Tulungagung”, Dosen pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A., NIP. 19740408 200710 1 003. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peningkatan kemampuan santri dalam membaca dan menulis Al-Qur’an belum memenuhi harapan ustadz/ ustadzah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kurangnya kedisiplinan santri. Untuk mengatasi problem tersebut ustadz/ ustadzah harus meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an, sehingga akan berdampak pada peningkatan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an pada santri di kalangan masyarakat. Hal ini dengan menggunakan metode An-Nahdliyah. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana implementasi metode An-Nahdliyah untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an di TPQ Manba’ul Hikam Kepatihan Tulungagung? (2) Bagaimana pendekatan pembelajaran secara individu dan kelompok dengan menggunakan metode An-Nahdliyah di TPQ Manba’ul Hikam Kepatihan Tulungagung? (3) Bagaimana strategi, metode, dan teknik pembelajaran dengan menggunakan metode An-Nahdliyah di TPQ Manba’ul Hikam Kepatihan Tulungagung? Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode wawancara digunakan untuk menggali informasi mengenai metode An-Nahdliyah untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an di TPQ Manba’ul Hikam Kepatihan Tulungagung, sedangkan observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui proses pembelajaran serta menggali data. Teknik Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan pengecekan keabsahan data diantaranya perpajangan pengamatan, peningkatan ketekunan pengamatan, triangulasi (sumber dan teknik), dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian: (1) Proses pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an melalui metode An-Nahdliyah yaitu ustadz/ ustadzah memberi salam, do’a, membaca asma’ul husna, surat-surat pendek bersama-sama, menuliskan materi yang akan di pelajari, santri membaca iqro’ secara individu dan kelompok, menutup pembelajaran dengan memberi penguatan materi dan do’a. (2) Ustadz/ ustadzah menggunakan pendekatan secara individual dan pendekatan secara kelompok. (3) Strategi yang digunakan strategi pembelajaran langsung dan strategi cooperative learning. Ustadz/ ustadzah juga menggunakan metode yaitu metode ceramah, metode drill, metode demonstrasi, dan metode tanya jawab. Selain itu, juga menggunakan teknik pembelajaran yaitu penggunaan ketukan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123023 SAPTRIA BINAKA YAHYA MAYA SARI |
Date Deposited: | 30 Dec 2016 03:25 |
Last Modified: | 30 Dec 2016 03:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4241 |
Actions (login required)
View Item |