PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLIPCHART TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MI AL-HIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG

KAMILATUL KHULASHOH, 12205193097 (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLIPCHART TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MI AL-HIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (645kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (521kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Pembelajaran Flipchart Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Kamilatul Khulashoh (12205193097) Jurusan Pendidkan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Rohmah Ivantri, M. Pd.I Kata kunci: Media Pembelajaran Flipchart, Hasil belajar,Fikih Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan media pembelajaran yang masih jarang digunakan guru dalam proses pembelajaran di kelas. Siswa cenderung kurang tertarik dengan pembelajaran dan materi yang disampaikan oleh guru. Kurangnya ketertarikan siswa terhadap penyampaian materi menyebabkan pemahaman kurang maksimal sehingga hasil belajar cenderung rendah. Untuk itu perlu penggunaan media yang bervariasi. Penelit menggunkan media pembelajaran Flipchart atau media yang berasal dari gabungan kertas yang dapat dibolik-balik. Melalui bantuan media pembelajaran ini diharapkan hasil belajar peserta didik menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelaaran flipchart terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Apakah ada pengaruh media pembelajaran Flipchart terhadap hasil belajar siswa kelas V dalam mata pelajaran Fiqh di MI Al-Hidayah 02 Betak?. 2) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas V dalam mata pelajaran Fiqh di MI Al-Hidayah 02 Betak sebelum dan sesudah penerapan media pembelajaran flipchart?. Pendekatan penelitian yang digunakan pada karya ilmiah ini adalah kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen (Quasi Experiment Design). Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Variabel bebasnya adalah media pembelajaran flipchart (X) dan variabel terikatnya adalah hasil belajar (Y) peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purpose Sampling (teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu). Dari hasil penelitian diketahui bahwa : 1) Pada rumusan masalah 1, diketahui = 3,101> = 3,101> 1,745 dan Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0.05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keaktifan peserta didik. 2) Pada rumusan masalah 2, diketahui nila rata- rata kelas kontrol sebesar 57,7 dan kelas eksperimen sebesar 70,8. pada kelas eksperimen, sebelum mendapatkan perlakuan berupa media pembelajaran flipchart, nilai pretest siswa memiliki rata-rata sebesar 57,20 nilai maksimum 85 dan nilai minimum 15, Namun setelah mendapat perlakukan berupa media pembelajaran flipchart nilai ratarata siswa mengalami peningkatan menjadi 70,8 nilai maksimum 95 dan nilai minimum 55. Sehingga sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah penerapan media pembelajaran flipchart pada mata pelajaran fikih kelas V MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193097 KAMILATUL KHULASHOH
Date Deposited: 18 Dec 2023 03:45
Last Modified: 18 Dec 2023 03:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42549

Actions (login required)

View Item View Item