PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SIMULASI TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP TANGGAP BENCANA SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTS AL HUDA GONDANG NGANJUK

ZIDHAN ZAINUN NASIKHIN, 12209193078 (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SIMULASI TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP TANGGAP BENCANA SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTS AL HUDA GONDANG NGANJUK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (643kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (439kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)

Abstract

Nasikhin, Zidhan Zainun. NIM. 1209193078. Pengaruh Metode Pembelajaran Simulasi Terhadap Pembentukan Sikap Tanggap Bencana Siswa pada Mata Pelajaran IPS di MTs Al Huda Gondang Nganjuk. Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Nur Isroatul Khusna, M.Pd. Kata Kunci: Mata Pelajaran IPS, Metode Pembelajaran Simulasi, Sikap Tanggap Bencana Indonesia merupakan negara yang rawan bencana, jadi sebagai warga negara Indonesia harus memiliki sikap tanggap bencana. Sikap tanggap bencana ini dapat dibentuk sedari dini melalui pembelajaran IPS di sekolah. Namun, masih banyak sekolah yang jarang mempelajari materi kebencanaan, salah satunya di MTs Al Huda Gondang Nganjuk. Dalam mempelajari materi kebencanaan dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat, salah satunya adalah metode pembelajaran simulasi. Oleh sebab itu, peneliti melakukan penelitian eksperimen di kelas VIII MTs Al Huda Gondang, Nganjuk yang dibatasi pada pencapaian hasil belajar sikap tanggap bencana siswa, yaitu bencana banjir dan tanah longsor. Tujuan penelitian ini, yaitu (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menggunakan metode pembelajaran simulasi terhadap pembentukan sikap tanggap bencana siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Al Huda Gondang dan (2) mengetahui pengaruh metode pembelajaran simulasi terhadap pembentukan sikap tanggap bencana siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Al Huda Gondang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment atau eksperimen semu dengan bentuk nonequivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII MTs Al Huda Gondang, Nganjuk sejumlah 76 siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen sejumlah 25 siswa dan kelas VIII-B sejumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini merupakan hasil angket siswa mengenai sikap tanggap bencana banjir dan tanah longsor. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) langkah-langkah pembelajaran menggunakan metode pembelajaran simulasi terhadap pembentukan sikap tanggap bencana siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Al Huda Gondang ada tiga tahap, yaitu awal pembelajaran simulasi, pelaksanaan pembelajaran simulasi, dan penutup dan (2) terdapat pengaruh positif pada pembentukan sikap tanggap bencana siswa di kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran simulasi dengan kelas kontrol yang diajar menggunakan metode konvensional pada mata pelajaran IPS di MTs Al Huda Gondang. Hal ini ditunjukkan melalui uji independent sample T-test dengan bantuan SPSS 16.0 for windows, yaitu diketahui bahwa kelas eksperimen yang siswanya berjumlah 25 diperoleh nilai signifikansinya yaitu 0,000 dengan taraf signifikansi 5%. Untuk nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 sedangkan perolehan nilai thitung 5,402. Untuk taraf signifikansi 5% dari db 23 diperoleh ttabel = 1.714, karena thitung > ttabel yaitu 5,402.> 1,714 dan sig. < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193078 ZIDHAN ZAINUN NASIKHIN
Date Deposited: 18 Dec 2023 04:17
Last Modified: 18 Dec 2023 04:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42605

Actions (login required)

View Item View Item