STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTsN 4 TULUNGAGUNG

AWALIA MAGHFIROH AGUSTIN, 12201193101 (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTsN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (984kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (555kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Ekspositori Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MTsN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Awalia Maghfiroh Agustin, NIM. 12201193101, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, di bimbing oleh Dr. Mukhamad Sukur M.Pd. I. Kata Kunci : Strategi Guru, Motivasi Belajar Latar belakang penelitian dalam skripsi ini adalah sering sekali ditemukan peserta didik yang kurang memperhatikan pembelajaran yang sedang berlangsung dikarenakan malas, boleh jadi karena sulitnya memahami materi ataupun hal lainnya. kurangnya minat belajar peserta didik tersebut tentunya akan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Dalam hal ini sudah jelas bahwa motivasi dalam belajar sangatlah diperlukan sekali untuk mendukung kemaksimalan belajar peserta didik. Dan untuk mengetahui akar dari permasalahan kemalasan anak tersebut, seorang guru harus mengetahui secara mendetail mengenai apa saja yang menjadi penyebab peserta didik malas belajar agar dapat mengatasi permasalahan tersebut. Adapun fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Ekspositori Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MTsN 4 Tulungagung? 2) Bagaimana Penerapan Pembelajaran Ekspositori Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MTsN 4 Tulungagung? 3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Ekspositori Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MTsN 4 Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)perencanaan pembelajaran ekspositori guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTsN 4 Tulungagung meliputi: merencanakan kegiatan pembelajaran yang di susun dalam bentuk RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, memilih media pembelajaran yang akan digunakan, menyiapkan materi pembelajaran yang akan disampaikan terhadap peserta didik, dan latihan kepercayaan diri sebelum memasuki kelas. Dengan adanya perencanaan sebelum memulai kegiatan belajar mengajar, guru Akidah Akhlak dapat menentukan langkah- langkah mengenai tugasnya sebagai seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar sehingga pada saat pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik, (2)Penerapan pembelajaran ekspositori guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTsN 4 Tulungagung berdasarkan dengan perencanaan yang telah dibuat oleh guru yakni, melakukan kegiatan pembelajaran yang telah di susun sebelumnya dalam bentuk RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, menggunakan media pembelajaran yang sudah dipersiapkan sebelum pembelajaran, menyampaikan materi pembelajaran yang sudah dipersiapkan sebelumya terhadap peserta didik, kepercayaan diri seorang guru saat menyampaikan materi pembelajaran dikelas. (3) Evaluasi pembelajaran ekspositori guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTsN 4 Tulungagung dapat diketahui dari, penilaian yang dilakukan guru Akidah Akhlak terhadap peserta didik dalam bentuk tes tulis untuk mengetahui tingkat pengetahuan peserta didik, peserta didik menjadi lebih memahami dan semangat dalam kegiatan belajar di kelas saat guru Akidah Akhlak menggunakan media pembelajaran untuk menyampaikan materi, penyampaian materi pembelajaran yang baik oleh guru Akidah Akhlak menjadikan peserta didik memahami dan menguasai materi pembelajaran, dan Guru Akidah Akhlak menemukan faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan motivasi belajar terhadap peserta didik

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193101 AWALIA MAGHFIROH AGUSTIN
Date Deposited: 18 Dec 2023 06:31
Last Modified: 18 Dec 2023 06:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42609

Actions (login required)

View Item View Item