UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS RENDAH DI MI HIDAYATUTH THOLIBIN KARANGTALUN KALIDAWIR TULUNGAGUNG

ULFA KHIKMATUL ROSIDA, 12205193207 (2023) UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS RENDAH DI MI HIDAYATUTH THOLIBIN KARANGTALUN KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (500kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (427kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Upaya Guru Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas Rendah Di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Ulfa Khikmatul Rosida, NIM 12205193207. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rohmatullah Tulunggagung, Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag.,M.Pd. Kata Kunci: Upaya Guru, Karakter Religius, Siswa Kelas Rendah Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa guru memiliki andil yang sangat besar terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah. Guru sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal, diantaranya yakni mencetak siswa yang religius melalui pembiasaan nilai-nilai religius di sekolah agar siswa tidak terpengaruh oleh dampak negative dalam perkembangan zaman yang sangat pesat dan menjadi generasi yang unggul, berperilaku baik dan berguna bagi bangsa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana upaya guru dalam membentuk karakter religius siswa kelas rendah melalui pembiasaan salam di MI Hidayatuth Tholibin karangtalun, kalidawir Tulungagung? (2) Bagaimana upaya guru dalam membentuk karakter religius siswa kelas rendah melalui pembiasaan sholat dhuha berjamaah di MI Hidayatuth Tholibin karangtalun, kalidawir Tulungagung? (3) Bagaimana upaya guru dalam membentuk karakter religius siswa kelas rendah melalui pembiasaan membaca surah-surah pendek dan asmaul husna di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun, Kalidawir Tulungagung. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan upaya guru dalam membentuk karakter religius siswa kelas rendah melalui pembiasaan salam di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun Kalidawir Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan upaya guru dalam membentuk karakter religius siswa kelas rendah melalui pembiasaan membaca asmaul husna dan surah-surah pendek di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun Kalidawir Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan upaya guru dalam membentuk karakter religius siswa kelas rendah melalui pembiasaan sholat dhuha berjamaah siswa kelas rendah di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, perpanjangan penelitian, dan pengecekan rekan sejawat. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Upaya guru membentuk karakter religius dengan pembiasaan salam di MI Hidayatuth Tholibin yang dilaksanakan dengan cara membiasakan murid untuk mengucap salam sebelum dan sesudah pembelajaran serta mengucap salam ketika bertemu guru dan mencium tangan bapak ibu guru. (2) Upaya guru dalam membentuk karakter religius melalui pembiasaan sholat dhuha yakni dengan membiasakan para murid ketika datang di pagi hari langsung menuju mushala sekolah dan melaksanakan shalat dhuha secara berjama’ah dan menggilir sesuai urutan absen anak yang akan memimpin atau menjadi imam shalat dhuha. (3) Upaya guru dalam membentuk karakter religius melalui pembiasaan membaca surah-surah pendek dan asmaul husna dilaksanakan pagi hari usai melaksanakan shalat dhuha. Guru membacakan lafadz surah-surah pendek kemudian siswa menirukannya. Siswa juga diminta untuk menghafal surah-surah pendek yang telah diajarkan danmenghafal asmaul husna.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193207 ULFA KHIKMATUL ROSIDA
Date Deposited: 19 Dec 2023 06:52
Last Modified: 19 Dec 2023 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42660

Actions (login required)

View Item View Item