MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT LITERASI PESERTA DIDIK DI SMAN 1 KARANGAN TRENGGALEK

RINDICA NOVITASARI, 12207193091 (2023) MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT LITERASI PESERTA DIDIK DI SMAN 1 KARANGAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (903kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Literasi Peserta Didik di SMAN 1 Karangan Trenggalek”, ini ditulis oleh Rindica Novitasari, NIM. 12207193091. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Sayyid Ali Rahmatulloh Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen Perpustakaan, dan Literasi Peserta Didik Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya perpustakaan di SMAN 1 Karangan Trenggalek sangat berpengaruh pada minat peserta didik dalam membaca dan menambah wawasan, sehingga dengan adanya perpustakaan akan menunjang minat literasi peserta didik di SMAN 1 Karangan Trenggalek. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan yang dilakukan pihak perpustakaan dalam peningkatan literasi peserta didik di perpustakaan SMAN 1 Karangan Trenggalek? (2) Bagaimana pelaksanaan yang dilakukan pihak perpustakaan dalam peningkatan literasi peserta didik di perpustakaan SMAN 1 Karangan Trenggalek? (3) Apa saja kendala yang dihadapi oleh pengelola perpustakaan dalam peningkatan literasi peserta didik di perpustakaan SMAN 1 Karangan Trenggalek? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian: deskriptif. Lokasi penelitian: SMAN 1 Karangan Trenggalek. Sumber data: sumber kata-kata dan tindakan, sumber tertulis, dokumentasi. Metode pengumpulan data: observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknis analisis data: tahap pengumpulan data, kondensasi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data: keterpercayaan, keteralihan, kebergantungan, kepastian. Hasil penelitian didapatkan sebagai berikut: 1) perencanaan yang dilakukan pihak perpustakaan di SMAN 1 Karangan dilakukan diskusi atau rapat setiap tahunnya, rapat atau diskusi tersebut membahas tujuan atau program kerja yang akan datang, identifikasi kebutuhan peserta didik dalam perencanaan dilakukan analisis kebutuhan bahan pustaka yang bertujuan agar dalam pengadaan bahan pustaka lebih diprioritaskan sesuai dengan kebutuhan, pengembangan program-program dilakukan oleh kepala perpustakaan, staf perpustakan dan guru-guru yang telah disetujui oleh kepala sekolah. 2) tata pelaksanaan yang dilakukan di SMAN 1 Karangan dalam meningkatkan minat literasi peserta didik seperti dilakukan dalam hal pengadaan sarana dan prasarana penunjang sampai pelayanan yang diberikan kepada pemustaka, menciptakan susana yang kondusif dengan penegakan peraturan. Biaya pengadaan bahan pustaka dari anggaran dana pemerintah proses pelaksanaan dilakukan oleh seluruh warga sekolah kususnya pihak perpustakaan, program-program yang terlaksana seperti pembiasaan membaca dan menulis, seminar digital, diskusi buku, menulis kreatif. 3) Kendala yang dihadapi dalam meningkatkan minat literasi peserta didik seperti minat baca peserta didik yang masih kurang karena perlunya motivasi dan bimbingan, bahan pustaka yang belum memadai dapat dicegah dengan pengadaan bahan pustaka yang up to date, keterbatasan waktu guru atau pembimbing dapat disolusikan dengan memanfaatkan teknologi seperti e-book atau audio-book untuk memudahkan peserta didik dalam mengakses buku-buku

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207193091 RINDICA NOVITASARI
Date Deposited: 20 Dec 2023 06:23
Last Modified: 20 Dec 2023 06:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42688

Actions (login required)

View Item View Item