IIN FITRIA, 12212183005 (2023) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X MA MAARIF NU KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (321kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (281kB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X MA Maarif NU Kota Blitar” ini ditulis oleh Iin Fitria, NIM 12212183005, dengan Dosen Pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep, Tata Nama Senyawa Motivasi adalah suatu keadaan yang ada dalam diri seseorang yang dapat mendorongnya untuk melakukan aktivitas tertentu guna pencapaian suatu tujuan. Tujuan pembelajaran dalam proses belajar adalah pencapaian yang memenuhi KKM yang telah ditentukan dalam suatu sekolah serta memiliki kemampuan dalam memahami masalah dalam kehidupan sehari-hari. Konsep kimia yang abstrak membuat siswa kurang termotivasi. Pada penelitian ini peneliti ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa Kelas X MA Maarif NU Kota Blitar. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas X MA Maarif NU Kota Blitar, 2) untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa kelas X MA Maarif NU Kota Blitar, 3) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X MA Maarif NU Kota Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode analisis regresi linier sederhana. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA dengan jumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Instrumen angket digunakan untuk mengumpulkan data motivasi belajar siwa. Sedangkan instumen dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar kognitif siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Analisis deskriptif digunakan untuk memberikan gambaran mengenai masing-masing variabel. Uji prasyarat dalam penelitian ini meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) motivasi belajar siswa kelas X MA Maarif NU kota Blitar termasuk dalam kategori cukup tinggi dengan rata-rata 67,48%, 2) hasil belajar kognitif siswa kelas X MA Maarif NU Kota Blitar termasuk dalam kategori cukup baik dengan rata-rata 54,57%, 3) ada pengaruh signifikan antara motivasi belajar dan pemahaman konsep kimia siswa kelas X MA Maarif NU Kota Blitar sebesar 82%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 12212183005 IIN FITRIA |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 05:23 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 05:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42766 |
Actions (login required)
View Item |