PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI SDN BANJARMADU KARANGGENENG LAMONGAN

CALVIN GONZALEZ NURDIANSYAH PUTRA, 12201183274 (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI SDN BANJARMADU KARANGGENENG LAMONGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di SDN Banjarmadu Karanggeneng Lamongan” ini ditulis oleh Calvin Gonzalez N.P, NIM. 12201183274, Program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing : H. Muh. Nurul Huda, M.A., NIP. 197404082007101003 Kata kunci :Guru Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Spiritual. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa kecerdasan spiritual belum terlalu diperhatikan oleh pendidik dan orang tua karna lebih mengutamakan prestasi belajar berupa nilai rapor yang bagus atau intelektualnya saja. Selain pendidikan informal dari keluarga, pendidikan formal oleh pendidik atau guru juga memiliki peran dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa. Sebagai seorang guru Pendidikan Agama Islam yang memiliki peran sebagai motivator diharapkan dapat meningkatkan kecerdasan spiritual siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kecerdasan spiritual siswa di SDN Banjarmadu Karanggeneng Lamongan? (2) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di SDN Banjarmadu Karanggeneng Lamongan? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambatan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan keserdasan spiritual peserta didik di SDN Banjarmadu Karanggeneng Lamongan? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan kecerdasan spiritual peserta didik di SDN Banjarmadu Karanggeneng Lamongan. (2) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di SDN Banjarmadu Karanggeneng Lamongan. (3) Untuk mendeskripsikan ragam faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di SDN Banjarmadu Karanggeneng Lamongan. Skripsi ini sangat bermanfaat bagi sekolah dan masyarakat pada umumnya. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi guru agar tercapai keberhasilan dalam proses belajar mengajar yang sesuai dengan harapan serta dapat membantu dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik. Bagi para pembaca hasil penelitian ini dapat menambah wacana keilmuan terkait dengan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah itu penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode diatas dan memperoleh hasil bahwa: 1. Kecerdasan spiritual peserta didik di SDN Banjarmadu Karanggeneng Lamongan sudah sangat baik,xvi terlihat dari sikap peserta didik terhadap guru, teman dan lingkungannya serta dalam pelaksanaan ibadahnya sehari-hari. 2. Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual sangatlah beragam dan sudah sangat baik, yaitu melalui nasehat, didikan, maupun keteladanan dari guru. Terbukti adanya didikan dari guru agar peserta didiknya lebih giat lagi dalam proses belajar mengajar, beribadah kepada Allah dan selalu hormat kepada orang tua dan guru. 3. Faktor pendukung guru dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik yaitu adanya jadwal sholat, moral yang tinggi, melibatkan anak dalam beribadah, dan memberikan hukuman. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya yaitu terbatasnya waktu dalam proses belajar mengajar dan kepribadian peserta didik yang masih labil.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183274 CALVIN GONZALEZ NURDIANSYAH PUTRA
Date Deposited: 28 Dec 2023 07:26
Last Modified: 28 Dec 2023 07:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42845

Actions (login required)

View Item View Item