ELFA DWI RAHANI, 12209193066 (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN RASA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 2 DURENAN. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (610kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (889kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (506kB) | Preview |
|
Text
BAB II..pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (914kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (423kB) | Preview |
Abstract
Skripsi yang berjudul “PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN RASA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 2 DURENAN” ini ditulis oleh Elfa Dwi Rahani NIM. 12209193066, pembimbing Nur Isrotul Khusna, M.Pd. NIP. 198703262019032018 Kata Kunci : Flipped Classroom dan Rasa kemandirian belajar siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemajuan teknologi dalam bidang pendidikan sebagai wajah baru dalam proses pembelajaran. Mulai bermunculan strategi, model dan metode yang dapat digunakan dalam proses belajar siswa salah satunya strategi pembelajaran flipped classroom. Strategi pembelajaran flipped classsrom merupakan strategi pembelajaran yang berjalan secara terbalik, dimana siswa memahami materi dengan mengamati video, membaca modul dan lain-lain dirumah, sehingga kegiatan pembelajaran dikelas hanya berupa diskusi, tanya jawab dan mengerjakan tugas. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) Pelaksanaan penerapan strategi pembelajaran flipped classroom untuk meningkatkan rasa kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 2 Durenan, (2) Tanggapan siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran flipped classroom untuk meningkatkan rasa kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 2 Durenan, (3) Faktor-faktor dalam penerapan strategi pembelajaran flipped classroom untuk meningkatkan rasa kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 2 Durenan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Durenan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu dengan metode induktif. data didapatkan dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data dikumpulkan dalam betuk kata-kata, cacatan lapangan, dan dokumentasi, dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan data menggunkan trigulasi data, teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan strategi pembelajaran flipped classroom memiputi 2 tahapan yaitu perencanaan silabus, RPP, media, LKPD dan lain-lain, dan pelaksanaan diawali dengan mempersiapkan video yang akan di bagikan melalui (WAG), dikelas siswa hanya berdiskusi dan tanya jawab dengan guru, teman dan kelompok, kemudian diakhiri dengan menyimpulkan perermasalahan yang didiskusikan. (2) tanggapan siswa terhadap pelaksanaan strategi pembelajaran flipped classroom yaitu (a) pelaksanaan terasa menyenangkandan tidak membosankan. (b) siswa aktif terlibat dalam pembelajaran.(c) siswa mendapatkan apresiasi dan motivasi belajar.(d) kondisi kelas yang nyaman (3) faktor-faktor dalam pelaksanaan penerapan strategi pembelajarn flipped classroom yaitu (a) faktor pendukung: motivasi dalam diri siswa,peran guru dan lingkungan yang nyaman dan tenang (b)faktor penghambat,rasa malas dalam diri siswa, terbatasnya sarana dan prasarana sekolah, jaringan internet yang terbatas, dan kapasitas memori penyimpanan HP siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209193066 ELFA DWI RAHANI |
Date Deposited: | 29 Dec 2023 03:08 |
Last Modified: | 29 Dec 2023 03:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42873 |
Actions (login required)
View Item |