UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA PESERTA DIDIK DI MA MA’ARIF NU KOTA BLITAR

RAFI'ATUL ZULKARNAEN, 12201193342 (2024) UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA PESERTA DIDIK DI MA MA’ARIF NU KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada Peserta Didik di MA Ma’arif NU Kota Blitar, Tahun 2023” ini ditulis oleh Rafi’atul Zulkarnaen, NIM. 12201193342, pembimbing Bapak Muhammad Sulthon Aziz, Lc., M.H. Kata Kunci: Upaya Guru, Penanaman Nilai, Moderasi Beragama. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kasus-kasus intoleran yang terjadi di Indonesia. Wilayah Indonesia yang begitu luas, rawan akan terjadinya perpecahan dan permusuhan. Konflik yang sering terjadi salah satunya yaitu konflik beragama, baik konflik antar umat beragama maupun konflik antarsesama pemeluk agama. Ajaran Islam yang moderat harus disebarkan melalui segala aspek kehidupan, tidak terkecuali pada aspek pendidikan, Dalam pembelajaran di madrasah, guru Akidah Akhlak senantiasa berupaya untuk menanamkan sikap moderat pada peserta didik melalui penanaman akidah yang kuat dan dibarengi dengan implementasi akhlak dan budi pekerti yang baik terhadap sesama. Fokus Penelitian ini adalah (1) Bagaimana upaya guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada peserta didik melalui kegiatan pembelajaran di MA Ma’arif NU Kota Blitar? (2) Bagaimana upaya guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada peserta didik melalui pembiasaan interaksi sosial antar siwa di MA Ma’arif NU Kota Blitar? (3) Bagaimana upaya guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada peserta didik melalui kegiatan keagamaan di MA Ma’arif NU Kota Blitar? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti hadir secara langsung di lokasi MA Ma’arif NU Kota Blitar untuk mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Pengecekan kebasahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Upaya guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada peserta didik melalui kegiatan pembelajaran di MA Ma’arif NU Kota Blitar yaitu: (a) Dengan pemberian materi Islam wasathiyah pada siswa kelas X (b) Peserta didik kelas XI dan XII yang sudah mengenal konsep moderasi beragama, akan ditekankan pada pembiasaan sikap selama kegiatan belajar berlangsung. (c) Guru menggunakan metode belajar yang dapat menginternalisasikan nilai moderat pada siswa, seperti metode diskusi, kerja kelompok, dan karya wisata. (d) Adanya integrasi nilai multicultural dalam pemebelajaran. (e) Memanfaatkan media smart TV di kelas. (f) Penggunaan buku pedoman akidah akhlak dari Kemenag sebagai rujukan utama, dan buku penunjang lainnya. (g) memasukkan poin penanaman nilai moderat dalam RPP yang digunakan guru. (2) Upaya guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada peserta didik melalui pembiasaan interaksi sosial antarsiswa di MA Ma’arif NU Kota Blitar yaitu: (a) Melatih siswa bertutur kata yang baik. (b) Selalu mengingatkan untuk saling menghargai teman. (c) Menanamkan rasa kasih sayang kepada teman. (d) Memberi sanksi pada siswa yang melanggar. (e) Pemberian contoh pada siswa. (f) Pengawasan dan kontrol langsung terhadap pergaulan siswa (g) Membiasakan siswa bermusyawarah. (3) Upaya guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada peserta didik melalui kegiatan keagamaan di MA Ma’arif NU Kota Blitar yaitu: (a) Pelaksanaan pendidikan Al-Qur’an, madrasah diniyah, dan solat jama’ah untuk mengenalkan kewajiban beragama pada siswa. (b) Mengadakan acara peringatan hari besar Islam (c) Mengikuti rutinan solawat sebagai bentuk syiar pada masyarakat. (d) Adanya program praktik kerja lapangan (PKL) selama satu bulan untuk siswa kelas XII dengan terjun langsung di tengah lingkungan masyarakat. (e) Adanya seminar antiradikalisme untuk para peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193342 RAFI'ATUL ZULKARNAEN
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:42
Last Modified: 29 Jan 2024 01:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42921

Actions (login required)

View Item View Item