PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA HALIMAH ASSA’DIYAH BUNTARAN

NURUL FARIDATUR ROHMAH, 12206193066 (2024) PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA HALIMAH ASSA’DIYAH BUNTARAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (787kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (642kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (919kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (535kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Perkembangan Motorik Halus Melalui Kegiatan Finger Painting Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Halimah Assa’diyah Buntaran.” Disusun oleh Nurul Faridatur Rohmah NIM: 12206193066, dari Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang di bimbing oleh bapak Muhammad Ridho Al Qodri Sri Utomo, M.A. Kata Kunci: Finger Painting, Motorik Halus Anak Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah bagaimana kegiatan finger painting pada perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di RA Halimah Assa’diyah Buntaran. Adapaun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimana kegiatan finger painting pada anak usia 5-6 tahun di RA Halimah Assa’diyah Buntaran, 2) bagaimana perkembangan motorik halus anak selama kegiatan finger painting pada anak usia 5-6 tahun di RA Halimah Assa’diyah Buntaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan bagaimana kegiatan finger painting pada anak usia 5-6 tahun di RA Halimah Assa’diyah Buntaran, 2) untuk mendeskripsikan bagaimana perkembangan motorik halus anak selama kegiatan finger painting pada anak usia 5-6 tahun di RA Halimah Assa’diyah Buntaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, metode pengumpulan data yang digunakan diantaranya seperti: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disampaikan bahwa: 1) kegiatan finger painting membantu guru dalam perencanaan pembelajaran menggunakan finger painting, dalam penyusunan RPPH, pemilihan materi pembelajaran, dan menyiapkan media yang akan digunakan. Selain itu, finger painting membantu dalam pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan awal, inti dan penutup. 2) pada perkembangan motorik halus dalam kegiatan finger painting berkembang secara optimal, dalam ketrampilan motorik halus terdapat ketrampilan gerak, dalam Taksonomi Bloom pada psikomotorik terdapat tuju klasifikasi seperti, persepsi, kesiapan, gerakan terbimbing, gerakan terbiasa, gerakan kompleks, penyesuaian pola gerak, dan kreativitas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193066 NURUL FARIDATUR ROHMAH
Date Deposited: 03 Jan 2024 09:12
Last Modified: 03 Jan 2024 09:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42945

Actions (login required)

View Item View Item