SARI INAYAH, 12201193144 (2024) KOMPETENSI SOSIAL GURU FIKIH DI MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (274kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (42kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul "Kompetensi Sosial Guru Fikih Di Mtsn 2 Tulungagung"ditulis oleh Sari Inayah, NIM 12201193244, jurusan pendidikan agama Islam, pembimbing: Prof. Dr. Sokip, M.Pd.I Kata Kunci: Kompetensi, Kompetensi Sosial, Guru, Fikih Penelitian ini dilatarbelakangi oleh oleh Kompetensi sosial guru fikih di MTsN 2 Tulungagung, yang mana kompetensi sosial guru fikih dapat berpengaruh positif bagi interaksi soal antara sesama guru, peserta didik, karyawan sekolah, orang tua/wali peserta dll. Namun jika para guru belum mampu menguasai kompetensi guru, khususnya Kompetensi sosial maka hubungan antara sesama guru, peserta didik, karyawan sekolah, orang tua/wali peserta didik dll, tidak akan terjalin hubungan yang harmonis. Dengan latar belakang tersebut, peneliti ingin mengetahui lebih jauh tentang bagaimana upaya guru fikih dalam membangun kompetensi sosial guru di MTsN 2 Tulungagung. Fokus penelitian dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana kompetensi sosial guru fikih dari segi bersikap dan bertindak objektif di MTsN 2 Tulungagung? (2) Bagaimana kompetensi sosial guru fikih dari segi berkomunikasi secara efektif di MTsN 2 Tulungagung? (3) Bagaimana kompetensi sosial guru fikih dari segi empati dan santun dalam berkomunikasi di MTsN 2 Tulungagung? (4) Bagaimana kompetensi sosial guru fikih dari segi beradaptasi dengan lingkungan di MTsN 2 Tulungagung?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan Kompetensi sosial guru fikih dari segi bersikap dan bertindak objektif di MTsN 2 Tulungagung. (2) mendeskripsikan Kompetensi sosial guru fikih dari segi berkomunikasi secara efektif di MTsN 2 Tulungagung. (3) mendeskripsikan Kompetensi sosial guru fikih dari segi empati dan santun dalam berkomunikasi di MTsN 2 Tulungagung. (4) mendeskripsikan Kompetensi sosial guru fikih dari segi beradaptasi dengan lingkungan di MTsN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis analisis deskriptif. Lokasi penelitian berada di MTsN 2 Tulungagung. Sumber data penelitian didapat melalui sumber primer yakni melalui observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran fikih, kepada sekolah, dan peserta didik di MTsN 2 Tulungagung. Sumber sekunder menggunakan data dokumentasi. Teknik pengumpulan data data yang digunakan yaitu observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Kompetensi sosial guru fikih dari segi bersikap dan bertindak objektif di MTsN 2 Tulungagung yakni dengan memahami karakteristik dan kondisi peserta didik, berlaku adil dan bijaksana saat bertindak agar guru dapat menilai dengan objektif. Dengan guru bersikap dan bertindak objektif guru dapat menyampaikan informasi sesuai dengan porsinya dan akan terjalin hubungan yang harmonis. (2) Kompetensi sosial guru fikih dari segi berkomunikasi secara efektif di MTsN 2 Tulungagung yakni dengan guru membangun rasa percaya kepada lingkungannya dengan cara menyampaikan informasi dengan bahasa yang mudah dipahami oleh lawan interaksinya. di MTsN 2 Tulungagung beberapa guru khususnya guru fikih banyak yang menerapkan berbicara langsung secara face to face dengan peserta didik agar tidak terjadi kesalahpahaman. (3) Kompetensi sosial guru fikih dari segi empati dan santun dalam berkomunikasi di MTsN 2 Tulungagung yaitu dengan cara berkata yang baik, berkata yang mulia, berkata yang tegas, dan benar. Di MTsN 2 Tulungagung guru juga merupakan contoh guna membangun rasa empati dengan cara melakukan jumat beramal yang hasilnya digunakan untuk teman-teman yang membutuhkan. Selain itu sekolah beserta guru agama juga sudah menyusun kegiatan-kegiatan yang diharapkan dapat merasa empati peserta didik dan warga sekolah. (4) Kompetensi sosial guru fikih dari segi beradaptasi dengan lingkungan Di MTsN 2 Tulungagung yakni dengan cara guru harus lebih terbuka dengan halhal baru yang ada di lingkungan sekitarnya. Dengan cara ini diharapkan guru lebih mudah menerima informasi baru dari lingkungannya. Hal ini diharapkan dapat mempermudah guru untuk menjalani dua perannya di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193144 SARI INAYAH |
Date Deposited: | 13 Jan 2024 10:35 |
Last Modified: | 13 Jan 2024 10:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42978 |
Actions (login required)
View Item |