ATIK MUNFARIDA, 12506194011 (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS E-BOOK MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X MAN 1 TRENGGALEK. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (624kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (526kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (729kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (283kB) | Preview |
Abstract
Tesis dengan judul “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Book Menggunakan Aplikasi Flip PDF Profesional Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X di MAN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Atik Munfarida, dengan pembimbing Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. dan Dr. Prim Masrokan, M.Pd Kata Kunci : Aplikasi Flip PDF Profesional,Bahan ajar berbasis e-book, Pengembangan, Sejarah Kebudayaan Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan bahan ajar yang dapat menunjang pembelajaran daring dimasa pandemic covid-19, hal tersebut dibenarkan oleh hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), perlunya bahan ajar yang dapat menunjang pembelajaran yang efektif dan efisien, sehingga peneliti tertarik mengembangkan bahan ajar sejarah kebudayaan Islam di MAN 1 Trenggalek menjadi bahan ajar berbasis e-book. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana desain pengembangan bahan ajar berbasis e-book menggunakan Flip PDF Professional pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas X? 2) Bagaimana cara menerapkan bahan ajar berbasis e-book pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas X? 3) Bagaimana keefektivan bahan ajar berbasis e-book pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas X?. Tesis ini bermanfaat bagi penulis ntuk menambah wawasan pola piker, sikap dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran, yakni dengan melaksankan penelitian dan pengembengan ini menghasilkan produk bahan ajar berbasis e-book. Buku ini dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE Analysis, Design, Development, Implementatiton, evaluation pengembangan ini melalui 5 tahap, Langkah-langkah pengunaan bahan ajar berbasis Elektronik book di isikan dalam sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hasil penilaian ini menunjukan bahwa: (1) Validasi ahli media, ahli materi/guru, ahli bahasa, uji coba kelompok kecil, uji coba lapangan. Hasil uji validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 93,75%, validasi ahli materi dan guru 95,5%, validasi ahli bahasa 91,6%. (2) Validasi uji coba kelompok kecil 933%, validasi uji lapangan 112%. (3) Hasil uji pretest dan posttest kelompok kecil dari pretest diketahui data pretest rata-rata peserta didik 53,6 Dengan nilai terendah 44 dan nilai tertinggi 72. data posttest diketahui data posttest rata-rata peserta didik 80,4 Dengan nilai terendah 72 dan nilai tertinggi 92. (4) Hasil uji pretest dan posttest kelas kontrol dari data pretest rata-rata peserta didik 42 dengan nilai terendah 12 dan nilai tertinggi 68. data posttest rata-rata peserta didik 61,4. Dengan nilai terendah 40 dan nilai tertinggi 72. (5) Hasil uji pretest dan posttest kelas eksperimen dari data pretest rata-rata peserta didik 46,2 Dengan nilai terendah 12 dan nilai tertinggi 68. Data posttest rata-rata peserta didik 70,2 Dengan nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 80. (6) Hasil analisis keefektivitasan menggunakan 3 tahap uji validitas menggunakan uji normalitas, uji homognitas dan Uji T menggunakan Uji Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 25 for Windows . hasil uji normalitas penghitungan menunjukkan bahwa signifikansi hitung kelas eksperimen .200 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data memiliki distribusi normal dan probabilitas > 0,05 maka Ho diterima. Uji homoginitas Hasil data penghitungan yang digunakan nilai sigifikansi (sig) pada Based on Mean adalah .222 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data bersifat homogen. Uji Independent Sample T-Test hasil belajar siswa untuk posttest kelas eksperimen dengan post-test kelas kontrol memiliki perbedaan signifikan, maka Ho diterima dan Ha ditolak ( Ho : µ1 = µ2 ).
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12506194011 ATIK MUNFARIDA |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 02:43 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 02:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43017 |
Actions (login required)
View Item |