PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PAMFLET TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X-MIA MAN 4 JOMBANG PADA MATERI TRIGONOMETRI

DIKE RAHMA AYUNI, 12204193019 (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PAMFLET TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X-MIA MAN 4 JOMBANG PADA MATERI TRIGONOMETRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (982kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (682kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (662kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Pembelajaran Pamflet Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa kelas X-MIA MAN 4 JOMBANG Pada Materi Trigonometri” ditulis oleh Dike Rahma Ayuni, NIM 12204193019, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, Pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci: Media Pembelajaran Pamflet, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar matematika siswa, salah satunya dikarenakan oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru tergolong monoton sehingga mengakibatkan siswa kurang bersemangat dalam belajar di kelas sehingga mengakibatkan hasil belajarnya rendah. Tujuan penelitian untuk skripsi ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran pamflet terhadap motivasi belajar siswa kelas X MAN 4 JOMBANG pada materi trigonometri. 2) untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran pamflet terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 4 JOMBANG pada materi trigonometri. 3) untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran pamflet terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X MAN 4 JOMBANG pada materi trigonometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain penelitian non-equivalent posttest-only control group design. Variabel bebas pada penelitian adalah media pembelajaran pamflet sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi dan hasil belajar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 4 JOMBANG yang berjumlah 242 siswa. pemilihan sampel berjumlah 68 siswa, yang terdiri dari 34 siswa kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji T-test dan Uji Manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh media pembelajaran pamflet yang diterapkan terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas X MAN 4 JOMBANG pada materi trigonometri. Dibuktikan dengan hasil uji T-test yang menunjukkan nilai probabilitas 0.000 < 0,05 yang berarti

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193019 DIKE RAHMA AYUNI
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:18
Last Modified: 09 Jan 2024 02:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43035

Actions (login required)

View Item View Item