ALIK KHUSNAINI, 12206193034 (2024) STRATEGI GURU DALAM PERMAINAN PUZZLE PADA STIMULASI KOGNITIF ANAK 4 – 5 TAHUN DI TK DHARMA WANITA TANEN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (591kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (319kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (524kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (329kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Permainan Puzzle pada Stimulasi Kognitif Anak 4 – 5 Tahun di TK Dharma Wanita Tanen” ini ditulis oleh Alik Khusnaini NIM. 12206193034. Dosen Pembimbing Germino Wahyu Broto, M.Si. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung 2023. Kata kunci : Strategi Guru, Permainan Puzzle, Stimulasi Kognitif. Penelitian dengan judul “Strategi Guru dalam Permainan Puzzle pada Stimulasi Kognitif Anak 4 – 5 Tahun di TK Dharma Wanita Tanen” ini di latar belakangi bahwa disana terdapat keunggulan sudah memiliki strategi dalam memberikan stimulasi kognitif anak yang cukup berhasil, yaitu melalui media permainan puzzle. Karena pada permainan puzzle memiliki berbagai jenis gambar sesuai dengan tema yang diperlukan pada saat kegiatan pembelajaran. Dengan adanya berbagai jenis gambar puzzle yang digunakan, anak didik dapat memilih dan menggunakan sesuai dengan minatnya untuk perkembangan kognitifnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan perencanaan strategi guru dalam permainan puzzle pada stimulasi kognitif anak 4 – 5 tahun di TK Dharma Wanita Tanen (2) Mendeskripsikan pelaksanaan strategi guru dalam permainan puzzle pada stimulasi kognitif anak 4 – 5 tahun di TK Dharma Wanita Tanen (3) Mendeskripsikan evaluasi strategi guru dalam permainan puzzle pada stimulasi kognitif anak 4 – 5 tahun di TK Dharma Wanita Tanen. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dan lokasi penelitian yang bertempat di TK Dharma Wanita Tanen. Penelitian ini menggunakan sumber data yang terdiri dari dokumen, narasumber (informan), peristiwa (aktivitas), tempat (lokasi), benda, gambar dan rekaman. Metode pengumpulan data terdiri dari metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Pengecekan keabsahan temuan terdiri dari uji kredibilitas (credibility), uji transferabilitas (transferability), uji dependendabilitas (dependability), uji konfirmabilitas (confirmability). Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu, (1) Perencanaan strategi guru diawali dengan menyusun RPPH dengan kegiatan pembelajaran sesuai tema yang telah ditentukan. Kemudian perencanaan di dalam kelas guru mempersiapkan permainan puzzle dan kegiatan pendukung lain untuk pembelajaran. (2) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan permainan puzzle dilakukan dengan memberikan dua kegiatan yang dapat menstimulasi kognitif anak didik. Pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung, guru melakukan pendekatan secara langsung dan tanya jawab kepada anak didik untuk mengetahui sejauh mana mereka berkembang. (3) Evaluasi dilakukan dengan guru mengobservasi dari awal sampai akhir kegiatan pembelajaran guna mengetahui perkembangan setiap anak didik dan memberikan penilaian.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan > Gaya Belajar Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206193034 ALIK KHUSNAINI |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 07:41 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 07:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43057 |
Actions (login required)
View Item |