STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA DI MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR

DEWI MEISYAROH, 12201193189 (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA DI MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (863kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)

Abstract

ABSTRAK Meisyaroh, Dewi, 2023. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlakul Karimah Pada Siswa di MA Ma’arif Udanawu Blitar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Hj. Chusnul Chotimah. M. Ag. Kata kunci: Strategi, Guru, Akhlakul Karimah Pendidikan Agama Islam memiliki pengaruh besar terhadap pembentukan karakter siswa pada pembinaan akhlakul karimah, lembaga formal peran guru Pendidikan Agama Islam merupakan kegitan pembelajaran dan pendidikan yang membentuk karakter siswa, karena pentingnya akhlakul karimah diperlukan peran guru untuk membina keteladanan siswa-siswi dalam pendidikan berbasis Islam. Peneitian ini mengangkat permasalahan kurangnya maksimal kinerja tenaga pendidik (guru) dalam menjalankan strategi pembinaan akhlakul karimah pada Madrasah Aliyah Ma'arif Udanawu Blitar. Latar belakang penelitian ini adanya siswa-siswi Madrasah Aliyah Ma’arif di Bakung Udanawu Blitar yang belum sepenuhnya dapat menerapkan nilai nilai akhlakul karimah dan kurangnya memperhatikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam sehingga strategi guru untuk membina nilai dan praktek aklakul karimah perlu di perhatikan dan ditingktakan. Tujuan pada penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam konsep pembinaan akhlakul karimah siswa di MA Ma’arif Udanawu Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan dampak strategi guru Pendidikan Agama Islam di MA Ma’arif Udanawu Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan hambatan startegi guru Pendidikan Agama Islam di MA Ma’arif Udanawu Blitar. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, dokumentasi, observasi partisipatif. Sumber yang diambil penelitian terdiri dari Sumber primer dan sekunder, sumber data primer terdiri dari observasi, wawancara mendalam terhadap narasumber yang terdiri dari kepala sekolah, guru, siswa dan orag tua wali siswa. Sedangkan Data sekunder dokumen atau naskah tertulis, kajian pustaka, dan dokumentasi. Sebagai keabsahan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan tiga metode kondensasi data, verifikasi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa (1) Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlakul Karimah Siswa di Madrasah Aliyah Ma’arif Udanawu Blitar menggunakan strategi afektif dan uswatun khasanah. Sebagai upaya mengatasi permasalahan pada penelitian ini bahwa strategi pembelajaran afektif berhubungan dengan nilai siswa yang menyangkut kesadaran individu, perubahan sikap akan terbentuk karena proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru di sekolah. Untuk membentuk akhlakul karimah peran guru dapat mengimplementasikan melalui nilai nilai uswatun khasanah dapat diimplementasikan melalui tindakan yang baik sebagai contoh dan teladan siswa dari apa yang telah dipelajar seperti mengajarkan siswa untuk optimis memiliki cita-cita tinggi dan mengerti porsi manusia sebagai makluk Allah.Serta mengajarkan sikap sabar, jujur, amanah dan taat terhadap aturan atau norma. (2) Dampak strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlakul karimah sebagai berikut: (a) siswa memiliki motivasi untuk memperbaiki diri. (b) siswa memiliki kesadaran dan kepribadian yang lebih baik yang ditunjukkan dengan memperbaiki sikap semakin sopan. (c) tata cara berbicara dan berjabat tangan serta perilaku lain yang semakin baik. (3) Faktor pendukung dan penghambat pola pengembangan akhlakul karimah siswa bahwa di Madrasah Aliyah Ma’arif Udanawu Blitar dan faktor pendukung di latarbelakangi oleh lingkungan keluarga yang mendukung pendidikan non-formal, lingkungan instutional sebagai lembaga formal yang mampu mendidik siswa dengan menerapkan Pendidikan Agama Islam dan pergaulan yang menjadi penentu relasi siswa dengan masyarakat. Sedangkan faktor pengambat karena adanya kualitas pendidikan, keterbatasan pengawasan sekolah, kesadaran siswa dan pengaruh eksternal terhadap media. Dari ketiga temuan penelitian ini mengetahui dampak strategi guru Pendidikan Agama Islam untuk membina akhlakul karimah menjadi kebutuhan moral siswa pada setiap lembaga pendidikan formal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193189 DEWI MEISYAROH
Date Deposited: 09 Jan 2024 13:43
Last Modified: 09 Jan 2024 13:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43113

Actions (login required)

View Item View Item