Reni Silvia, 2817123132 (2016) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS V MI AL-HUDATUMPANG TALUN BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (106kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (145kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas V MI Al Huda Tumpang Talun Blitar” ini ditulis oleh Reni Silvia NIM 2817123132 pembimbing Drs. H. Timbul, M.Pd.I. Kata kunci : Role Playing dan hasil belajar Dalam pengajaran IPS guru tidak hanya membekali siswa dengan pengetahuan sosial, melainkan harus menjadikan siswa memiliki tanggung jawab. Faktanya metode mengajar guru juga harus sesuai dengan karakter siswa. Salah satunya dengan metode Role Playing karena di MI Al Huda Tumpang Talun masih menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas. Metode Role Playing dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran, mengembangkan pengetahuan, sikap dan ketrampilannya secara mandiri. Oleh karena itu guru dalam mengajar tidak hanya terbatas pada materi yang bersifat pengetahuan, melainkan juga meliputi nilai-nilai yang wajib melekat pada diri peserta didik sebagai warga masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan metode role playing (bermain peran) pada mata pelajaran IPS materi keragaman suku bangsa di indonesia dapat meningkatkan semangat dan percaya diri peserta didik kelas V MI Al Huda Tumpang Talun Blitar?. (2) Apakah penerapan role playing (bermain peran) pada mata pelajaran IPS pokok bahasan keragaman suku bangsa di indonesia dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V MI Al Huda Tumpang Talun Blitar?. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui penerapan metode role playing mata pelajaran IPS dalam meningkatkan semangat dan percaya diri peserta didik. Dan untuk mengetahui penerapan metode Role Playing pada mata pelajaran IPS pokok bahasan keragaman suku bangsa di Indonesia dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode dalam penulisan skripsi ini peneliti menggunakan PTK (penelitian tindakan kelas), karena PTK sangat cocok diterapkan dalam kelas dan lebih fokus pada masalah yang terjadi di kelas dalam proses belajar mengajar. Dalam pengambilan data peneliti menggunakan metode tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui penggunaaan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS MI Al Huda Tumpang Talun Blitar. Dapat dilihat dari proses belajar mengajar dan nilai tes akhir pada siklus I dan siklus II. Pada pra siklus I, nilai rata-rata kelas 51,25. Sedangkan pada siklus I nilai rata-rata kelas 57,22. Siswa yang mendapat nilai ≥70 sebanyak 7 siswa (43,75%) dan ≤70 sebanyak 9 siswa (56,25%). Sedangkan pada siklus II nilai 77,22. Siswa yang mendapat nilai ≥70 sebanyak 15 siswa (83,33%) dan ≤70 sebanyak 3 siswa (16,66%). Denan demikian pada rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II, yaitu sebesar 14,37 begitu pula pada ketuntasan belajar IPS terjadi peningkatan 20,00% dari siklus I ke siklus II.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817123132 Reni Silvia |
Date Deposited: | 22 Dec 2016 03:24 |
Last Modified: | 22 Dec 2016 03:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4315 |
Actions (login required)
View Item |