IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BERBASIS PEMBIASAAN (Studi Multi Situs di Madrasah Ibtidaiyah Afandi Wateskroyo Desa Wateskroyo Kecamatan Besuki dan Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Tanggulkundung Desa Tanggulkundung Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung)

FITROTUL LAILI, 1755144008 (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BERBASIS PEMBIASAAN (Studi Multi Situs di Madrasah Ibtidaiyah Afandi Wateskroyo Desa Wateskroyo Kecamatan Besuki dan Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Tanggulkundung Desa Tanggulkundung Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
Sampul - abstrack fix.pdf

Download (950kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Pembiasaan (Studi Multi Situs di Madrasah Ibtidaiyah Afandi Desa Wateskroyo Kecamatan Besuki dan Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Desa Tanggulkundung Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Fitrotul laili dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag, dan Dr. H. Teguh, M.Ag. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Kegiatan Ekstrakurikuler, Pembiasaan Konteks Penelitin dalam tesis ini yaitu adanya fenomena dampak globalisasi yang begitu hebat yang mampu membawa masyarakat Indonesia melupakan pendidikan karakter bangsa padahal pendidikan karakter salah satu pondasi bangsa yang sangat penting dan perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak dari berbagai peristiwa saat ini mulai dari tawuran antar pelajar, kenakalan remaja telah menunjukkan betapa rendahnya karakter dari diri bangsa Indonesia. Untuk itu pendidikan karakter disekolah atau madrasah harus dilaksanakan secara terus-menerus tidak mengenal kata selesai atau berhenti. Kurikulum bisa berubah namun pendidikan karakter harus tetap ditanamkan kepada anak didik sebagai generasi penerus bangsa. Untuk mengetahui hal diatas, maka peneliti merumuskan beberapa pertanyaan penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana bentuk-bentuk kegiatan ekstrakurikuler untuk penanaman pendidikan karakter di MI Afandi Wateskroyo Besuki dan MI Miftahul Huda Tanggulkundung Besuki Tulungagung?; 2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler berbasis pembiasaan di MI Afandi Wateskroyo dan MI Miftahul Huda Tanggulkundung Besuki Tulungagung?; 3) Bagaimana hasil pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler berbasis pembiasaan di MI Afandi Wateskroyo Besuki dan MI Miftahul Huda Tanggulkundung Besuki Tulungagung?; 4)Apakah kendala dalam pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler berbasis pembiasaan di MI Afandi Wateskroyo Besuki dan MI Miftahul Huda Tanggulkundung Besuki Tulungagung? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1)Untuk mengetahui bentuk-bentuk pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler di MI Afandi Wates Kroyo Besuki dan MI Miftahul Huda Tanggulkundung Besuki Tulungagung. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler berbasis pembiasaan di MI Afandi Wates Kroyo Besuki dan MI Miftahul Huda Tanggulkundung Besuki Tulungagung. 3) Untuk mengetahui hasil pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler di MI Afandi Wates Kroyo Besuki dan MI Miftahul Huda Tanggulkundung Besuki Tulungagung. 4)Untuk mengetahui kendala dalam pelakanaan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler berbasis pembiasaan di MI Afandi Wates Kroyo Besuki dan MI Miftahul Huda Tanggulkundung Besuki Tulungagung. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara mendalam , observasi partisipan, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dilakukan analisis situs tunggal kemudian dilanjutkan dengan analisis lintas situs. Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) Bentuk-bentuk kegitan ekstrakurikuler di MI Afandi Wateskroyo dan MI Miftahulhuda Tanggulkundung yaitu ekstrakurikuler keagamaan, ekstrakurikuler olahraga, ekstrakurikuler kesenian dan ekstrakurikuler kepramukaan. 2) Pelaksanaan Pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler berbasis pembiasaan yaitu dengan cara diintegrasikan melalui kegiatan ekstrakurikuler yaitu; ekstrakurikuler keagamaan, ekstrakurikuler olahraga, ekstrakurikuler kesenian dan ekstrakurikuler kepramukaan. 3) Hasil pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler berbasis pembiasaan di MI Afandi Wateskroyo dan MI Miftahul Huda Tanggulkundung menunjukkan bahwa perilaku siswa sudah terlihat pembiasaan sesuai dengan karakter bangsa yang diharapkan,dan bisa dikatakan nilai karakter siswa sudah sangat terlihat. 4) Kendala dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler kegiatan ekstrakurikuler berbasis pembiasaan di MI Afandi Wateskroyo dan MI Miftahul Huda Tanggulkundung diantaranya faktor sarana dan prasarana yang kurang memadai, faktor finansial yang kurang untuk kebutuhan pelaksanaan kegiatan, kurangnya dukungan orang tua siswa dan dukungan lingkungan tempat tinggal dan keluarga anak yang tak selalu sama dengan karakter yang ditanamkan di suatu lembaga pendidikan atau sekolah.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: M.Pd.I 1755144008 FITROTUL LAILI
Date Deposited: 22 Dec 2016 07:16
Last Modified: 22 Dec 2016 07:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4322

Actions (login required)

View Item View Item