HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMP NEGERI 1 REJOTANGAN

DINDA YULVIANTRI, 12306193120 (2024) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMP NEGERI 1 REJOTANGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa SMPN 1 Rejotangan”. Tugas Akhir Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Febranti Putri Navion M.Pd. Kecerdasan emosional adalah mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri, mengenali emosi orang lain, dan membina hubungan baik dengan orang lain. Untuk dapat mengelola tersebut di dalam pola asuh terdapat perilaku yang harus dibentuk saat di lingkup keluarga, contohnya pola asuh. Pola asuh merupakan pola interaksi antara orang tua dan anaknya yaitu bagaimana sikap antara perilaku orangtua saat berinteraksi dengan anak, termasuk caranya menerapkan aturan, mengajarkan nilai atau norma, memberikan perhatian dan kasih sayang serta menunjukkan sikap dan perilaku yang baik sehingga dijadikan contoh atau panutan bagi anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa SMPN 1 Rejotangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional yang menggunakan pendekatan cross sectional dengan populasi 473 dan jumlah sampel yang didapat 70 Dengan menggunakan sampling dari Arikunto dengan besaran 15% dari total populasi serta teknik pengumpulan sampelnya menggunkan teknik sampel acak proporsional. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan skala likert sebagai pengukurannya. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan pearson correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pola asuh demokratis p-value sebesar 0,002 yang diartikan berkorelasi signifikan dan adapun hasil nilai r sebesar 0,368 yang menunjukkan arah positif. Sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan dengan arah positif yang berarti semakin tinggi pola asuh demokratis maka semakin tinggi juga kecerdasan emosional siswa. 2) Pola asuh otoriter p-value sebesar 0,004 yang menunjukka hubungan yang signifikan dan adapun hasil nilai r sebesar 0,341 yang menunjukkan arti korelasi lemah serta arah positif memiliki arti hubungan yang positif. Sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan dengan arah positif yang berarti semakin tinggi pola asuh otoriter maka semakin tinggi juga kecerdasan emosionalnya. 3) Pola asuh permisif uji hipotesisnya menunjukkan p-value sebesar 0,557 yang diartikan tidak berkorelasi dan adapun hasil nilai r sebesar -0,071 yang menunjukkan arah negatif. Sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat hubungan yang signifikan dengan arah negatif yang berarti semakin tinggi pola asuh permisif maka semakin rendah juga kecerdasan emosional siswa. Kata Kunci : Pola Asuh, Kecerdasan Emosional

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Bimbingan dan Konseling Islam > Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 12306193120 DINDA YULVIANTRI
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:59
Last Modified: 16 Jan 2024 03:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43270

Actions (login required)

View Item View Item