NILAI- NILAI BUDAYA DALAM TRADISI NAPAK TILAS JAYABAYA DI DESA MENANG SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SMA

HILMA KARENNINA SANDI, 12210193011 (2024) NILAI- NILAI BUDAYA DALAM TRADISI NAPAK TILAS JAYABAYA DI DESA MENANG SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SMA. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (573kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Nilai-nilai Budaya dalam Tradisi Napak Tilas Jayabaya di Desa Menang sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMA” di tulis oleh Hilma Karennina Sandi, NIM 12210193011, Pembimbing Muyassaroh, S. S., M. Pd. Kata Kunci: nilai budaya, jayabaya, pembelajaran Bahasa Indonesia Penelitian ini didasari pentingnya nilai budaya yang terkandung dalam tradisi napak tilas Jayabaya. Tradisi Jayabaya merupakan tradisi untuk menghormati Sang Prabu Jayabaya dan di dalamnya terkandung nilai budaya. Namun semakin lama tradisi napak tilas Jayabaya semakin dilupakan oleh generasi muda dan semakin banyak yang tidak paham akan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Hal tersebut dikarenakan kurangnya penyampaian tradisi napak tilas Jayabaya serta kemajuan teknologi yang membuat tradisi napak tilas Jayabaya ini semakin tenggelam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai budaya yang terkandung di dalam tradisi napak tilas Jayabaya serta relevansinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini diharapkan dapat menjaga kelestarian budaya dan tradisi Jayabaya. Selain itu, penelitian ini juga dapat bermanfaat bagi pembelajaran Bahasa Indonesia tentang tradisi yang terdapat pada pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang SMA kelas X. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang menjelaskan tentang nilai-nilai budaya yang ada di dalam tradisi napak tilas Jayabaya. Sumber data penelitian ini adalah juru kunci petilasan Jayabaya dan tokoh masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian datadan kesimpulan. Pengecekan keabsahan datamenggunakan teknik ketekunan dan triangulasi. Nilai budaya yang ditemukan dalam tradisi napak tilas Jayabaya, yaitu (1) nilai budaya dalam hubungan manusia dengan Tuhan yang berupa ketakwaan, berdoa dan berserah diri, (2) nilai budaya hubungan manusia dengan manusia yang berupa tolong-menolong, gotong-royong dan keikhlasan, (3) nilai budaya hubungan manusia dengan alam yang berupa masyarakat sekitar memanfaatkan alam sebagai prosesi napak tilas, (4) nilai budayahubungan manusia dengan dirinya sendiri yang berupa kegigihan. Secara teoretis manfaat penelitian ini menyediakan referensi tentang nilai budayayang terdapat dalam tradisi napak tilas Jayabaya kepada pembaca, serta menambah sumber belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Manfaat praktis dalam penelitian ini sebagai bahan masukan kepada instansi untuk dapat mengembangan kebudayaan daerah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Pembelajaran
Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210193011 HILMA KARENNINA SANDI
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:34
Last Modified: 19 Jan 2024 07:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43353

Available Versions of this Item

  • NILAI- NILAI BUDAYA DALAM TRADISI NAPAK TILAS JAYABAYA DI DESA MENANG SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SMA. (deposited 19 Jan 2024 07:34) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item