STRATEGI GURU DALAM MENGOPTIMALKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MIN 2 BLITAR

IRMA RATNA FITRIANI, 12205193083 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENGOPTIMALKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MIN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (588kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (170kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI-1.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Mengoptimalkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MIN 2 Blitar” ini ditulis oleh Irma Ratna Fitriani, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), NIM 12205193083 Tahun 2023 dibimbing oleh Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M. Pd, I. Kata Kunci: Strategi, Guru, Keterampilan Berbicara Di jenjang sekolah dasar kurang maksimalnya keterampilan berbicara siswa disebabkan karena siswa kurang percaya diri dengan kemampuan mereka saat berbicara di depan kelas. Siswa cenderung memiliki rasa takut dan sulit merangkai kalimat ketika berada di depan kelas. Oleh karena itu, keterampilan berbicara penting keberadaannya dalam masa sekarang untuk bekal masa depan bagi siswa menuju jenjang yang lebih tinggi. Guru juga perlu memberikan rangsangan dan dorongan sekaligus penguatan agar siswa semakin berani memaksimalkan potensi, daya kreasi, dan daya cipta dalam proses pembelajaran Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan dan menganalisis temuan tentang perencanaan guru dalam mengoptimalkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MIN 2 Blitar (2) Mendeskripsikan dan menganalisis temuan tentang pelaksanaan guru dalam mengoptimalkan keterampilan berbicara siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia di MIN 2 Blitar, (3) Mendeskripsikan dan menganalisis temuan tentang evaluasi guru dalam mengoptimalkan keterampilan berbicara siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia di MIN 2 Blitar Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian research. Sumber datanya di peroleh melalui tiga unsur yaitu: Person, Place, Paper. Metode pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumetasi. Teknik Analisis data menggunakan Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan Kesimpulan. Pengecekan Keabsahan data menggunakan Perpanjangan keikutsertaan, dan Triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Sebelum melaksanakan pembelajaran, guru di MIN 2 Blitar menyusun perencanaan pembelajaran, dengan menyusun program tahunan (prota), program semester (promes), dan rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp) (2) Dalam pelaksanaan pembelajaraan untuk mengoptimalkan keterampilan berbicara di kelas rendah di MIN 2 Blitar menggunakan metode tanya jawab serta diskusi dan dengan dukungan fasilitas perpustakaan yang memadai serta penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. (3)Evaluasi pembelajaran dalam mengoptimalkan keterampilan berbicara, guru menggunakan evaluasi proses serta evaluasi hasil.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193083 IRMA RATNA FITRIANI
Date Deposited: 23 Jan 2024 03:53
Last Modified: 23 Jan 2024 03:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43370

Actions (login required)

View Item View Item