MOH. ULIL ABSHOR`, 12201193112 (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTS ASWAJA TUNGGANGRI. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (553kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (598kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (685kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Karakter Religius Peserta Didik Di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung” ini ditulis oleh Moh Ulil Abshor, Prodi Pendidikan Agama Islam(PAI), NIM 12201193112 Tahun 2023 dibimbing oleh Dr. H. Imam Junaris, S. Ag, M.H.I Kata Kunci : Strategi, Guru PAI, Karakter Religius Diakui atau tidak, saat ini terjadi krisis yang nyata dan mengkhawatirkan dalam masyarakat dengan melibatkan milik kita yang paling berharga, yaitu anak-anak. Krisis yang sangat mengkhawatirkan adalah krisis moral. Yang mana dalam hal ini, akhlak dan karakter generasi muda mulai terkikis. Hilangnya rasa saling menghormati, toleransi, sopan santun dan etika. Bahkan perilaku remaja kita juga diwarnai dengan kenakalan atau kebiasaan buruk seperti pemerasan/kekerasan (bullying). Itulah mengapa pendidikan karakter religius sangat penting untuk diterapkan. Tujuan Penlitian ini adalah (1) Mendeskripsikan strategi guru PAI dalam meningkatkan taat beribadah peserta didik di MTs Aswaja Tunggangri, (2) Mendeskripsikan strategi guru PAI dalam meningkatkan tata krama peserta didik di MTs Aswaja Tunggangri, (3) Mendeskripsikan strategi guru PAI dalam meningkatkan sikap toleransi peserta didik di MTs Aswaja Tunggangri. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dan jenis penelitian field research. Sumber datanya di peroleh melalui tiga unsur yaitu: Person, Place, Paper. Metode pengumpulan data menggunakan Observasi partisipan, Wawancara Mendalam dan Dokumetasi. Teknik Analisis data menggunakan Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan Kesimpulan. Pengecekan Keabsahan data menggunakan Perpanjangan keikutsertaan, dan Triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strrategi yang digunakan oleh MTs Aswaja dengan mengadakan kegiatan keagamaan seperti madrasah diniyah, istighosah, sholat dhuha berjamaah, sholat dhuhur berjamaah, dan kegiatan kegiatan pada tanggal tertentu sebagai pembiasaan diri murid murid dalam meningkatkan sikap taat beribadah peserta didiknya. (2) MTs Aswaja ini lebih menekankan pada materi tambahan yakni pada program madrasah diniyah untuk meningkatkan pemahaman mengenai tata krama yang baik. ketika mengajar di dalam kelas guru menggunakan strategi dengan guru sebagai suri tauladan (modelling) bagi murid muridnya. (3) Di MTs Aswaja ini menggunakan strategi moral knowing yang mana guru memberikan makna yang baik tentang toleransi. Selain itu juga menggunakan strategi moral feeling yang mana pendekatan antar sesama siswa.. Ditambah lagi dengan menggunakan reward and punishment untuk memotivasi peserta didiknya. Sedangkan ketika mengajar di kelas guru menggunakan metode diskusi yang dapat menjadikan siswa lebih aktif dalam berinteraksi dengan teman temannya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193112 MOH. ULIL ABSHOR |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 06:53 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 06:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43443 |
Actions (login required)
View Item |