FADHILA ROSLINA RAHMI, 12208183078 (2024) STUDI KASUS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR SISWA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN PADA SISWA KELAS XI MIA-1 MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (826kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (294kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (553kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (21kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (87kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Studi Kasus Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Pada Siswa Kelas XI MIA-1 Madrasah Aliyah Negeri 2 Trenggalek Tahun Pelajaran 2022/2023” yang ditulis oleh Fadhila Roslina Rahmi, yang dibimbing oleh Ivan Ashif Ardhana, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses belajar mengajar yang dilakukan guru kurang berhasil, sehingga untuk mengetahui penyebab-penyebab ketidakberhasilan tersebut perlu diadakan studi kasus peningkatan hasil belajar, agar dapat dibuat rencana perbaikan pembelajaran, sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung secara optimal. Untuk mengidentifikasi masalah, peneliti mengadakan observasi untuk menemukan kekurangan dari pembelajaran yang dilaksanakan. Fokus penelitiannya adalah apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa di materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan pada siswa kelas XI MIA-1 Madrasah Aliyah Negeri 2 Trenggalek tahun pelajaran 2022/2023? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan dilakukan dengan melakukan tes, wawancara dan dokumentasi, Analisis data digunakan dengan N-gain. Hasil penelitiannya adalah 1) Faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar siswa di materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan pada siswa yaitu: minat yang tinggi peserta didik akan merasa tidak terbebani dalam belajar, sehingga dalam proses belajar peserta didik akan menjalankan kewajibannya dengan baik; Bakat yang dimiliki oleh siswa dapat mencapai hasil belajar yang bagus; Motivasi yang ada pada siswa dengan adanya alat bantu pembelajaran berupa multimedia yang digunakan, guru cenderung lebih fokus kepada menyampaikan materi tanpa menyelipkan kalimat yang membuat peserta didik lebih termotivasi lagi. Cara belajar siswa beragam, membuat hasil belajar siswa meningkat. 2) Faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar siswa di materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan pada siswa yaitu: Lingkungan sekolah dengan memberikan fasilitas yang lengkap dapat menunjang hasil belajar siswa; Lingkungan keluarga dengan memberikan fasilitas dan motivasi belajar pada siswa dilakukan untuk menunjang kesuksesan dalam kegiatan pembelajaran; 3) Peningkatan hasil belajar materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan pada siswa kelas XI MIA-1 Madrasah Aliyah Negeri 2 Trenggalek Tahun Pelajaran 2022/2023 dapat dilihat dari perhitungan gain diperoleh rata-rata sebesar 55.7353. Sehingga diperoleh gain 0,5574. Artinya mengalami peningkatan hasil belajar dengan kategori sedang karena 0,3 < g < 0,7. Sedangkan tafsiran efektifitas hasil belajar dari N-Gain Score diperoleh persentase 55.73 dengan tafsiran Cukup Efektif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Biologi > Lingkungan Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Biologi > Tumbuhan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208183078 FADHILA ROSLINA RAHMI |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 01:48 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 01:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43509 |
Actions (login required)
View Item |