INTERNALISASI NILAI RELIGIUS MELALUI PROGRAM MADRASAH DINIYAH DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA (Studi Multikasus Di SMP Islam Al-Ma‟rifah Trenggalek dan MTs Satu Atap Darunnajah Trenggalek)

DONI YULIANTO, 12850621013 (2024) INTERNALISASI NILAI RELIGIUS MELALUI PROGRAM MADRASAH DINIYAH DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA (Studi Multikasus Di SMP Islam Al-Ma‟rifah Trenggalek dan MTs Satu Atap Darunnajah Trenggalek). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (249kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (925kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Internalisasi Nilai Religius Melalui Program Madrasah Diniyah untuk meningkatkan karakter religius (Studi Multi Kasus di SMP Islam Al-Ma‟rifah Trenggalek dan MTs Satu Atap Darunnajah Trenggalek)”, ini ditulis oleh Doni Yulianto, NIM.12850621013. Jurusan Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. Sokip, M. Pd. I, dan Dr. Khoirul Anam, M. Pd. I Kata Kunci: Internalisasi, Nilai Religius, Program madrasah diniyah Perubahan era globalisasi menyebabkan menurunnya moral keagamaan dan perlu segera adanya pembenahan. Terutama pelajar mereka mudah marah dan terprovokasi yang terkendali sehingga berujung pada tawuran antarpelajar, seperti yang seringkali diberitakan di televisi dan media cetak. di kota-kota besar, mahasiswa dan pelajar terlibat dalam penyalah gunaan obatan-obatan terlarang, seperti narkoba dengan berbagai jenisnya. Bahkan lebih parah lagi yaitu dalam perilaku penyimpangan sosial yang mereka lakukan dalam bentuk pergaulan bebas, Mereka juga terkesan kurang hormat terhadap kepada orang tua, guru dan masyarakat. Maka sangat penting untuk lembaga pendidikan juga mempunyai kebijakan progam atau rencana kegiatan dalam menghadapi perkembangan globalisasi tersebut yang dapat menimbulkan karakter religius. Adapun Fokus penelitian ini adalah sebagai berikut: (1)apa saja nilai Religius yang diinternalisasikan Melalui Program Madin di SMP Islam Al Ma‟rifah Trenggalek dan Mts Satu Atap Darunnajah Trenggalek? (2) Bagaimana proses Transformasi nilai Religius Melalui Program Madin di SMP Islam Al Ma‟rifah Trenggalek dan Mts Satu Atap Darunnajah Trenggalek? (2) Bagaimana proses Transaksi Nilai Religius Melalui Program Madin di SMP Islam Al Ma‟rifah Trenggalek dan Mts Satu Atap Darunnajah Trenggalek? (3) Bagaimana proses Transinternalisasi nilai Religius Melalui Program Madin di SMP Islam Al Ma‟rifah Trenggalek dan Mts Satu Atap Darunnajah Trenggalek? Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian ini studi multikasus. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai instrumen sekaligus sebagai pengumpulan data. Prosedur yang dipakai dalam pengumpulan data penelitian ini yaitu obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) Analisis data kasus individu (individual case) yakni Reduksi Data, Pemaparan, Kesimpulan dan Verifikasi 2) Analisis data lintas kasus (cross case analysis). Kemudian pengecekan Keabsahan Temuan dengan Keterpercayaan (Credibility), Perpanjangan keikutsertaan, Ketekunan pengamatan, Triangulasi, dan Pembahasan sejawat Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Tahap Transformasi nilai Religius Melalui Program Madin menggunakan 3 metode yaitu: (a). ceramah (b) Ibarah/mengambil pelajaran.(c). Nasehat/mau‟idoh hasanah‟; 2) Tahap Transaksi Nilai Religius Melalui Program Madin menggunakan metode (a) menggunakan metode pembiasaan:Tadarus Al-qur‟an,shalat dhuha, dhuhur dan istighotsah ‟; (b)musyawarah (c)Demontrasi; dan (d) Tanya jawab 3) Proses Transinternalisasi nilai Religius Melalui Program Madin menggunakan : Metode keteladanan

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12850621013 DONI YULIANTO
Date Deposited: 02 Feb 2024 06:52
Last Modified: 02 Feb 2024 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43578

Actions (login required)

View Item View Item