TRI ARUM RAHAYU MUKTI, 12205183345 (2024) STRATEGI MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR PASCA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MI WAHID HASYIM BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (235kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (116kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul Strategi Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pasca Pembelajaran Jarak Jauh di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar, ditulis oleh Tri Arum Rahayu Mukti, NIM 12205183345, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Pembimbing Skripsi: Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Strategi, Konsentrasi Belajar, Pasca Pembelajaran Jarak Jauh Perubahan pola pembelajaran, transisi dari pembelajaran daring ke pembelajaran luring mengganggu konsentrasi belajar peserta didik. Namun, guru memiliki peran penting dalam mengatasi masalah konsentrasi ini. Dengan menggunakan berbagai strategi pembelajaran yang inovatif, guru dapat membantu peserta didik memulihkan dan meningkatkan konsentrasi belajar mereka. Melalui dedikasi dan kolaborasi, guru dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih produktif dan membantu siswa mencapai potensi belajar maksimal pasca pandemi. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan strategi meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik pasca pembelajaran jarak jauh di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar? (2) Bagaimana implementasi strategi meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik pasca pembelajaran jarak jauh di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar? (3) Bagaimana evaluasi strategi meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik pasca pembelajaran jarak jauh di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar? Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan metode Miles dan Huberman. Untuk memastikan keabsahan data, penelitian ini melakukan triangulasi data dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar ditemukan beberapa strategi meningkatkan konsentrasi belajar pasca pembelajaran jarak jauh, sebagai berikut: 1) Perencanaan Strategi Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik Pasca Pembelajaran Jarak Jauh di lakukan dengan merencanakan lingkungan belajar yang tepat, menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi, serta merencanakan dukungan psikologis kepada peserta didik. 2) Implementasi Strategi Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik Pasca Pembelajaran Jarak Jauh di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar, dengan melalui tiga pendekatan utama, yaitu menerapkan lingkungan belajar yang tepat, menerapkan metode pembelajaran yang variatif, dan memberikan dukungan psikologis. 3) Evaluasi Strategi Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik Pasca Pembelajaran Jarak Jauh di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar, dilakukan melalui berbagai pendekatan, seperti pemberian soal atau kuis kepada peserta didik dan observasi langsung oleh guru. Data evaluasi ini menjadi dasar untuk memberikan rekomendasi dan perbaikan guna meningkatkan kualitas pembelajaran dan konsentrasi belajar peserta didik selanjutnya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183345 TRI ARUM RAHAYU MUKTI |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 02:00 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 02:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43582 |
Actions (login required)
View Item |