PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI AL HIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUGAGUNG

ATIK NGATIFAH, 12205193290 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI AL HIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (622kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (622kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Atik Ngatifah (12205193290) Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Rohmah Ivantri M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Student Team Achievement Division, Hasil Belajar Penelitian ini di latar belakangi oleh masih ada guru yang menggunakan model pembelajaran konvensional yang hanya menjadikan guru sebagai pusat belajar siswa. Masih banyak model pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru yang bisa menjadi aktif dalam pembelajaran. Model pembelajaran Student Team Achievement Division memiliki bebarapa kelebihan dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, diantaranya masalah yang diberikan mengenai situasi nyata akan memotivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran dan melatih kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Melalui model pembelajaran ini diharapkan hasil belajar siswa akan menjadi lebih baik. Siswa menjadi lebih aktif dan pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV MI Al Hidayah 02 Betak dan untu mengetahui adakah perbedaan anatara sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division? Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division terhadap hasil belajar peserta didik di MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung?. 2) Apakah terdapat perbedaan hasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di MI Al Hidayah 02 Betak sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division? Pendekatan penelitian yang digunakan pada karya ilmiah ini adalah kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen (Quasi Experiment Design). Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas control. Variable bebasnya adalah model pembelajaran Student Team Achievement Division dan variable terikatnya adalah hasil belajar siswa. Pengambilan sampel menggunakan Teknik Purpose Sampling (Teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu). Analisis data awal menggunakan uji validitas, uji reliabilitas. Sedangkan analisis data akhir menggunakn uji homogenitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Teknik pengnpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: 1) pada rumusan masalah 1 diketahui thitung = 4,695 dan ttabel = 1,770 sehingga 4,695 > 1,770 dan sig. (2-tailed) = 0,000 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehinggga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran. 2, nilai rata- rata kelas kontrol sebesar 67, 77 dan kelas eksperimen sebesar 73, 66. Hasil nilai pretest kelas eksperimen rata- rata sebesar 51, 66 nilai maksimum 60 dan nilai minimum 35, namun setelah mendapat perlakuan berupa model pembelajaran Student Team Achievement Division nilai posttest rata- rata siswa mengalami peningkatan menjadi 73,66 nilai maksimum 90 dan nilai minimum 40 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193290 ATIK NGATIFAH
Date Deposited: 15 Feb 2024 02:27
Last Modified: 15 Feb 2024 02:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43644

Actions (login required)

View Item View Item