DINA RATNASARI, 17201163456 (2024) PERAN GURU AL-QUR'AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR'AN PESERTA DIDIK DI MTs MAARIF NU KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (832kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (336kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Peserta Didik di MTs Maarif NU Kota Blitar Tahun 2022”. Skripsi ini ditulis oleh Dina Ratnasari, NIM. 17201163456, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Bapak Nuryani, S.Ag., M.Pd.I. Kata kunci: Peran Guru Al-Qur’an Hadits, Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an. Allah SWT menurunkan Al-Qur’an berfungsi sebagai pelajaran bagi manusia, pedoman hidup bagi setiap muslim, petunjuk bagi orang yang bertaqwa. Oleh karena itu, setiap muslim wajib mempelajari Al-Qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Peran guru dalam mengarahkan dan meningkatkan pendidikan sangat diperlukan dalam kelancaran dan meningkatkan keberhasilan belajar baca dan tulis Al-Qur’an. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1.Bagaimana peran guru Al-Qur’an hadits sebagai pendidik dalam peningkatan kemampuan baca tulis Al-Qur’an peserta didik di MTs Maarif NU Kota Blitar?, 2. Bagaimana peran guru Al-Qur’an hadits sebagai motivator peningkatan kemampuan baca tulis Al-Qur’an peserta didik di MTs Maarif NU Kota Blitar?, 3. Bagaimana peran guru Al-Qur’an hadits sebagai fasilitator peningkatan kemampuan baca tulis Al-Qur’an peserta didik di MTs Maarif NU Kota Blitar?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang berusaha mendeskripsikan semua data, keadaan subjeK atau objek penelitian, sedangkan jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah studi kasus yang berupa program, kegiatan, peristiwa atau sekelompok individu yang terkait dengan tempat, waktu atau ikatan tertentu. Penelitian dilakukan di MTs Maarif NU Kota Blitar. Subjek peneliti adalah kepala sekolah, guru Al-Qur’an dan peserta didik. Sumber data menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamatan, triangulasi, dan diskusi dengan teman sejawat. Untuk tahap penelitian menggunakan tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data, dan tahap pelaporan hasil penelitian. Hasil penelitian adalah: 1. Peran guru Al-Qur’an Hadits sebagai pendidik dalam meningkatan kemampuan baca tulis Al-Qur’an peserta didik di MTs Ma’arif NU Kota Blitar meliputi 4 hal: a) Memberikan pembinaan cara-cara pengucapan huruf-huruf hijaiyah atau makhorijul huruf hijaiyah, b)Mengajarkan membaca Al-Qur’an dengan ilmu tajwid, c) Latihan membaca, d) Menugaskan peserta didik untuk menghafal ayat-ayat pendek secara bertahap. 2. Peran guru Al-Qur’an Hadits sebagai motivator dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an peserta didik di MTs Maarif NU Kota Blitar meliputi 2 hal: a) Menggunakan motivasi instrinsik yaitu (1) Menumbuhkan minat, (2) Memberikan dorongan, b) Menggunakan motivasi ekstrinsik yaitu (1) Memberi nilai, (2) Memberikan reward, (3) Membuat kompetensi atau persaingan, (4) Menciptakan suasana menyenangkan. 3. Peran guru Al-Qur’an Hadits sebagai fasilitator dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an peserta didik di MTs Maarif NU Kota Blitar meliputi 11 hal: a) Mendengarkan dan tidak mendominasi, b) Bersikap sabar, c) Menghargai dan rendah hati, d) Mau belajar, e) Bersikap sederajat, f) Bersikap akrab dan melebur, g) Tidak berusaha menceramahi, h) Berwibawa, i) Tidak memihak dan mengkritik, j) Bersikap terbuka, k) Bersikap positif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Hadist Agama > Al Quran Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163456 DINA RATNASARI |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 08:16 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 08:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43702 |
Actions (login required)
View Item |