ZAID KURNIAWAN NURHARIZA, 17204163243 (2024) ANALISIS GESTUR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASAKAN GENDER SISWA KELAS XI MAN KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2022/2023. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (479kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (571kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (448kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Gestur dalam Pembelajaran Matematika Berdasarkan Gender Siswa Kelas XI MAN Kota Blitar Tahun Ajaran 2021/2022” ini ditulis oleh Zaid Kurniawan Nurhariza, NIM 1724163243, pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata kunci: Gestur, Gender, Pembelajaran Matematika. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang terjadi di lapangan bahwa kemampuan menyelesaikan masalah matematika yang dimiliki siswa sangat beragam. Disisi lain kemampuan menyelesaikan masalah matematika dapat dilihat dari perbedaan gestur dan dilihat dari gender. Terdapat 3 Gestur dalam menyelesaikan masalah matematika, yaitu: gestur representatif, gestur menunjuk, gestur menulis. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan gestur yang ditunjukkan oleh siswa laki laki dan siswi perempuan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunkan adalah studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN Kota Blitar. Subjek penelitian diambil 4 siswa dari satu kelas tersebut yaitu 2 siswa laki-laki, 2 siswi perempuan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa : Gestur Representatif siswa laki-laki sering muncul, sedangkan gestur representatif siswi perempuan sering muncul dan sangat sering muncul. Gestur representatif siswa laki-laki dan perempuan yang muncul meliputi sering menggaruk kepala, berkeringat, menggerakan benda yang ada di sekitarnya saat pelajaran matematika. Disisi lain siswi dalam memusatkan perhatian kepada guru juga menyilangkan kaki, bersedekap dalam proses berpikir ketika pembelajaran matematika. siswi tidak berjalan ketika melakukan proses dalam pembelajaran matematika. Gestur menunjuk siswa laki-laki sering muncul dan sangat sering muncul, sedangkan gestur menunjuk siswi perempuan sering muncul dan sangat sering muncul. Gestur menunjuk siswa laki-laki dan perempuan yang muncul meliputi sering menggunakan jari untuk memusatkan perhatian guru kepada subjek. siswa terbiasa menghitung dengan mengunakan jari saat menyelesaikan masalah matematika. Selain menunjuk dengan menggunakan jari, siswa juga menggunakan bolpoin, pensil atau alat tulis lain sebagai media menunjuk. Gestur menulis siswa laki-laki dan perempuan yang muncul meliputi siswa memahami masalah beserta melakukan tindakan menulis, siswa ketika menjelaskan materi kepada temnnya juga melalui tindakan menulis. Ketika terdapat kesalahan dalam penulisan, siswa menggunakan tipe-x dalam menghapus tulisan yang salah. siswa menulis ulang rumus yang sudah ada di buku pelajaran matematika. siswa menanggap bahwa tulisan yang ada di buku siswa mampu dibaca orang lain.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204163243 ZAID KURNIAWAN NUR HARIZA |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 01:33 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 01:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43937 |
Actions (login required)
View Item |