ALI PUDDIN AL UBAIDILLAH, 12210183136 (2024) PENGARUH GANJARAN DAN HUKUMAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (84kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (122kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (31kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Ganjaran dan Hukuman terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MAN 3 Tulungagung”. Ditulis oleh Ali Puddin Al Ubaidillah, NIM 12210183136, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia (TBIN), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata Kunci: Ganjaran, Hukuman, Motivasi Belajar Motivasi belajar merupakan dorongan untuk menggerakkan siswa, agar semangat dalam melakukan aktivitas belajar. Ganjaran dan hukuman merupakan dua faktor yang diduga berpengaruh terhadap tinggi rendahnya terhadap motivasi belajar siswa. Pemberian ganjaran dan hukuman dalam pembelajaran, dapat menjadi stimulus untuk memacu motivasi belajar siswa. Ganjaran diberikan kepada siswa karena berhasil atau berprestasi, sedangkan hukuman diberikan karena siswa melakukan kesalahan atau pelanggaran. Pemberian ganjaran dan hukuman diharapkan mampu membantu siswa, agar dapat menjaga dan menumbuhkan motivasi belajarnya, sehingga tujuan dari pembelajaran bisa tercapai dengan optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh ganjaran terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MAN 3 Tulungagung? (2) Adakah pengaruh hukuman terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MAN 3 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh ganjaran dan hukuman terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MAN 3 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis datanya menggunakan statistik. Jenis penelitian ini adalah noneksperimental, yaitu korelasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) dengan instrumen skala likert. Teknik pengambilan sampel yang digunakan, yaitu teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, untuk mengetahui pengaruh ganjaran dan hukuman terhadap motivasi belajar siswa, baik secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian dan pembahasan analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) tidak ada pengaruh yang signifikan antara ganjaran dengan motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MAN 3 Tulungagung, ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar (0,657 > 0,05). (2) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara hukuman terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MAN 3 Tulungagung, ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar (0,664 > 0,05). (3) Tidak ada pengaruh signifikansi antara ganjaran dan hukuman terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MAN 3 Tulungagung, ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar (0,804 > 0,05).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210183136 ALI PUDDIN AL UBAIDILLAH |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 06:50 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 06:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44029 |
Actions (login required)
View Item |