IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 MALANG

MUHAMMAD ILFAN AFIF, 12201173381 (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 MALANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (408kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (458kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul Implementasi pembelajaran daring mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Malang ini ditulis oleh Muhammad Ilfan Afif, NIM. 12201173381, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Tulungagung 2022. Dosen pembimbing : Dr. Muhammad Zaini, MA. Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran Daring, Mata Pelajaran Fiqih Transformasi pendidikan seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membutuhkan perubahan yang tanggap dan adaptif. Pergeseran metode dan pila pendidikan daring memanfaatkan jaringan internet dapat mempercepat dan mempermudah proses transfer ilmu pengetahuan secara efektif dan efisien. Terlebih masa pandemi covid-19 tentang kebijakan pemerintah dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 pembelajaran daring menjadi alternatif bagi lembaga pendidikan untuk tetap melayani peserta didik dalam pembelajaran. MTs Negeri 5 Malang juga menerapkan pembelajaran daring ketika masa pandemi. Hal ini membutuhkan perencanaan, penerapan, dan evaluasi agar guru dan peserta didik mampu mengikuti proses belajar mengajar dengan baik. Fokus penelitian ini adalah tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi implementasi pembelajaran daring mata pelajaran Fikih di MTs Negeri 5 Malang. Implementasi pembelajaran daring adalah suatu ide, program, seperangkat aktivitas guru dalam mencapai atau mengharapkan perubahan, dalam hal ini perubahan pola pembelajaran dari luring menjadi daring. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang menguraikan hasil temuan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Perencanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran Fikih di MTs Negeri 5 Malang menyikapi adanya imbauan tentang belajar dari rumah, yaitu adanya sosialisasi dan pelatihan bagi guru dan peserta didik tentang e learning. Perencanaan selanjutnya meliputi pemanfaatan e learning, pemanfaatan aplikasi dan media sosial berbasis online, dan pembuatan media pembelajaran, LKPD, dan evaluasi secara daring. Tahap pelaksanaan implementasi pembelajaran daring dari perencanaan sebelumnya difokuskan pada efektivitas dan efisiensi media berbasis online sesuai kemampuan peserta didik. Ditemukan hasil bahwa penggunaan e learning kurang maksimal dan kurang efektif. Sedangkan pemanfaatan aplikasi dan media sosial online cukup efektif dan pembuatan media pembelajaran, LKPD, dan evaluasi secara daring berjalan dengan baik. Evaluasi pembelajarn daring di MTs Negeri 5 Malang ditemukan beberapa hambatan yaitu kesesuaian materi dengan bentuk media atau bahan ajar yang disajikan, faktor demografis, ekonomis, dan motivasi intrinsik peserta didik. Solusi pemecahan yang dilaksanakan adalah dengan menyesuaikan materi dengan media dan bahan ajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173381 MUHAMMAD ILFAN AFIF
Date Deposited: 08 Mar 2024 07:59
Last Modified: 08 Mar 2024 07:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44045

Actions (login required)

View Item View Item