IMPLEMENTASI PENCEGAHAN STUNTING MELALUI APLIKASI ELSIMIL (ELEKTRONIK SIAP NIKAH DAN SIAP HAMIL) BAGI CALON PENGANTIN (Studi di Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung)

SYAHRUM ROSINDHA WANDHANI, 126102203275 (2024) IMPLEMENTASI PENCEGAHAN STUNTING MELALUI APLIKASI ELSIMIL (ELEKTRONIK SIAP NIKAH DAN SIAP HAMIL) BAGI CALON PENGANTIN (Studi di Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci: Aplikasi Elsimil, Calon Pengantin, Stunting. Elsimil (Elektronik Siap Nikah dan Siap Hamil) merupakan program dari BKKBN yang bekerja sama dengan Kemenag untuk mencegah stunting yang ditujukan kepada calon pengantin agar dapat terdeteksi sejak dini. Dengan adanya program tersebut, perlu dilakukan peninjauan terhadap pelaksanaan aplikasi Elsimil menggunakan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting dan implikasinya terhadap kesejahteraan anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pencegahan stunting melalui aplikasi Elsimil bagi calon pengantin di Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimana implikasi pencegahan stunting melalui aplikasi Elsimil bagi calon pengantin terhadap kesejahteraan anak? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif berupa penelitian lapangan yang meneliti suatu peristiwa menggunakan pendekatan deskriptif untuk mengetahui fakta yang ada di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, peneliti melakukan analisis dengan menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam mengecek keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan aplikasi Elsimil (Elektronik Siap Nikah dan Siap Hamil) bagi calon pengantin di Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung dengan pendampingan yang dilakukan oleh Tim Pendamping Keluarga (TPK) sudah berjalan sejak tahun 2022. Calon pengantin menginstal aplikasi Elsimil dan mengisi indikator yang ada di dalam aplikasi sesuai dengan hasil cek kesehatan di Puskesmas dan kemudian mendapatkan sertifikat yang menunjukkan ideal atau beresiko stunting. Aplikasi Elsimil dapat berjalan dengan baik dengan adanya Tim Pendamping Keluarga yang aktif dalam melakukan survei terhadap calon pengantin, akan tetapi calon pengantin yang enggan mengisi menyebabkan terhambatnya pelaksanaan aplikasi Elsimil di Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. (2) Adanya aplikasi Elsimil dapat diketahui calon pengantin yang beresiko stunting sehingga dapat dicegah sejak awal. Dengan pencegahan tersebut dapat berdampak pada calon anak sehingga anak dapat lahir dan tumbuh dengan sehat serta kesejahteraannya tejamin.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 126102203275 SYAHRUM ROSINDHA WANDHANI
Date Deposited: 08 Mar 2024 08:45
Last Modified: 08 Mar 2024 08:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44054

Actions (login required)

View Item View Item