SHOFIA HABIBAH, 12201193103 (2024) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SMP IT AL AZHAR KUTOREJO MOJOKERTO. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (4MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (4MB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (4MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
BAB IV.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al Azhar Kutorejo Mojokerto” ini ditulis oleh Shofia Habibah, NIM 12201193103, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh: Dr. Khusnul Mufidati, S.Sy., M.Pd.I. Kata Kunci: Peran guru, kemampuan, membaca al-qur’an Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena kurangnya antusias peserta didik dalam belajar membaca Al-Qur’an pada jenjang Sekolah Menengah Pertama , maka dari itu peneliti mengambil judul ini agar peserta didik dapat antusias dalam minat membaca Al-Qur’an dengan efektif. Dan peneliti mengharapkan dengan adanya metode yang diterapkan di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Azhar akan menjadikan siswa lebih tertarik. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah 1). Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan membaca Al-Qur’an di Sekolah Menengah Pertama IslamTerpadu Al –Azhar kecamatan kutorejo Mojokerto?, 2).Bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam membaca Al-Qur’an di Sekolah Menengah Pertama IslamTerpadu Al –Azhar kecamatan kutorejo Mojokerto?, 3). Bagaimana peran guru sebagai evaluator dalam membaca Al-Qur’an di Sekolah Menengah Pertama IslamTerpadu Al –Azhar kecamatan kutorejo Mojokerto? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini (1) Dalam peran guru sebagai motivator dapat Menjalin hubungan yang baik antara guru dan peserta didik supaya terciptanya kenyamanan, Membangun kedekatan anatara guru dan peserta didik untuk menciptakan keterbukaan, Senantiasa memberikan nasehat-nasehat yang membangun, Memberikan stimulus dengan membuat peserta didik lebih aktif, Memberikan peserta didik nilai. (2) peran guru sebagai fasilitator guru bisa Keramahan, kenyamanan, keterbukaan guru terhadap peserta didik,Memfasilitasi tempat yang nyaman dan menarik untuk peserta didik, Alat peraga, jilid cadangan yang digunakan apabila peserta didik lupa membawa, Merencanakan langkah-langkah pembelajaran Al qur’an yang akan di sampaikan kepada peserta didik, Menerapkan perencanaan yang sudah di persiapkan sebelumnya kepada peserta didik. (3) peran guru sebagai evaluator Kelancaran siswa dalam membaca al-qur’an, Guru dapat memaksimalkan keadaan pembelajaran, guru dapat memahami keadaan siswa, dalam metode ummi siswa dapat melakukan proses pembelajaran dengan baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Quran Pendidikan > Guru Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193103 SHOFIA HABIBAH |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 03:17 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 03:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44105 |
Actions (login required)
View Item |