PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

VANELIA SYAH RANI, 12201193215 (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membimbing Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di SMP Negeri 2 Kalidawir Tulungagung” ditulis oleh Vanelia Syah Rani (12201193215) dengan Dosen pembimbing Ahmad Natsir,M.Pd.I. Kata Kuci: Peran Guru PAI, Mengembangkan Kecerdasan Spiritual. Penelitian ini didasari oleh adanya fenomena bahwa saat ini mayoritas sekolah hanya bersaing dari segi akademik saja dan banyak sekolah yang mengesampingkan pendidikan spiritual peserta didik. Padahal mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik merupakan sebuah fondasi penting dalam membangun generasi bangsa yang baik. Dalam membangun generasi bangsa yang cerda tentu tidak lepas dari upaya yang dilakukan pihak sekolah terutama para Guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini berusaha mendeskipsikan dan menganalisi tentang peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik di SMP Negeri 2 Kalidawir Tulungagung dengan fokus kajian mencakup: 1) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam merencanakan pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik di SMP Negeri 2 Kalidawir Tulungagung. 2) Peren Guru Pendidikan Agama Islam dalam membimbing pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik di SMP Negeri 2 Kalidawir Tulungagung. 3) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengevaluasi pengembangan kecerdasan spiritual peserta didi di SMP Negeri 2 Kalidawir Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendiskripsikan peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam merencanakan pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik di SMP Negeri 2 Kalidawir Tulungagung. 2) Untuk mendiskripsikan peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam membimbing pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik di SMP Negeri 2 Kalidawir Tulungagung. 3) Untuk mendiskipsikan peren Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengevaluasi pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik di SMP Negeri 2 Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif, dengan rancangan studi kasus. Lokasi penelitian ini di SMP Negeri 2 Kalidawir Tulungagung. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan verifikasi. Dalam mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi, pembahasan teman sejawat dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian adalah 1) Peran guru PAI dalam merencanakan pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik yaitu dengan merencanakan progam keagamaan seperti kegiatan pondok ramadhan, pengajian, kegiatan ektrakulikuler BTQ, Sholawat, dan masih banyak lagi dengan tujuan agar peserta didik dapat mengembangkan kecerdasan spiritual melalu progam keagamaan yang ada di sekolah. 2) Peran guru PAI dalam membimbing pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik, yaitu tidak hanya menbimbing dalam kegiatan pembelajaran, dan kegiatan keagamaan melainkan membiasakan peserta didik untuk melakukan budaya 3S (senyum, salam, sapa). 3) Peran guru PAI dalam mengevaluasi pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik yaitu dengan obsevasi terkait progam dan kegiatan keagamaan yang ada di sekoalahan, serta membiasakan menjalin komunikasi yang baik dengan peserta didik, maka peserta didik akan lebih terbuka serta peserta didik menjadi terbiasa memiliki komunikasi yang baik kepada siapapun.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193215 VANELIA SYAH RANI
Date Deposited: 15 Mar 2024 03:02
Last Modified: 15 Mar 2024 03:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44111

Actions (login required)

View Item View Item