STRATEGI PENERAPAN NILAI-NILAI ASWAJA AN NAHDLIYAH DALAM MENANGKAL RADIKALISME (Studi Multisitus di IPNU IPPNU Ngunut dan IPNU IPPNU Boyolangu)

AZIS KHOIRI, 12506194014 (2024) STRATEGI PENERAPAN NILAI-NILAI ASWAJA AN NAHDLIYAH DALAM MENANGKAL RADIKALISME (Studi Multisitus di IPNU IPPNU Ngunut dan IPNU IPPNU Boyolangu). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (576kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (309kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (552kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (940kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi Penerapan Nilai-Nilai Aswaja An-Nahdliyah dalam Menangkal Radikalisme (Studi Multisitus di IPNU-IPPNU PAC Boyolangu dan IPNU-IPPNU PAC Ngunut)” ini ditulis oleh Azis Khoiri dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag dan Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Nilai-Nilai Aswaja, Radikalisme Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya sebuah fenomena munculnya gerakan dan pemikiran islam yang radikal yang senantiasa menyebarkan sikap intoleransi kepada siapapun yang berbeda dengannya. Gerakan dan pemikiran ini juga melakukan perekrutan secara halus kepada generasi muda bangsa ini baik dari media sosial hingga buku pelajaran disekolah. IPNU-IPPNU merupakan salah satu banom Nahdlatul Ulama yang senantiasa membendung ajaran-ajaran islam yang radikal dengan cara menanamkan Nasionalisme dan ke Aswaja an-nahdliyah di kalangan remaja. IPNU-IPPNU merupakan banom dari Nahdlatul Ulama’ yang ingin membentuk para remaja anggotanya agar mempunyai jiwa nasionalisme dan memiliki sikap dari nilai-nilai aswaja, Sehingga nantinya mereka dapat menjadi penyejuk dalam hidup di masyarakat. Fokus penelitian ini dalam tesis ini adalah (1) Bagaimanakah typologi penerapan nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah dalam menangkal radikalisme di IPNU-IPPNU PAC Boyolangu dan IPNU-IPPNU PAC Ngunut?, (2) Bagaimanakah implementasi penerapan nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah dalam menangkal radikalisme di IPNU-IPPNU PAC Boyolangu dan IPNU-IPPNU PAC Ngunut?, (3) Bagaimanakah dampak penerapan nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah dalam menangkal radikalisme di IPNU-IPPNU PAC Boyolangu dan IPNUIPPNU PAC Ngunut?. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah mendeskripsikan typologi penerapan nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah dalam menangkal radikalisme di IPNU-IPPNU PAC Boyolangu dan IPNU-IPPNU PAC Ngunut, mendeskripsikan implementasi penerapan nilai-nilai Aswaja AnNahdliyah dalam menangkal radikalisme di IPNU-IPPNU PAC Boyolangu dan IPNU-IPPNU PAC Ngunut, mendeskripsikan dampak penerapan nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah dalam menangkal radikalisme di IPNU-IPPNU PAC Boyolangu dan IPNU-IPPNU PAC Ngunut Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian fenomenologi dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan dengan rancangan studi multisitus. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis yang digunakan analisis data situs tunggal dan analisis data lintas situs. Pengecekan data meliputi standar kredibilitas, standar transferabilitas standar dependabilitas, dan standar konfirmabilitas. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah (1) pemberian materi nilai-nilai aswaja an-Nahdliyah dari yang urutan penyajian materi yang termudah hingga tersulit, Penggunaan media pembelajaran dan metode yang digunakan sangat membantu konsep kegiatan pemberian materi nilai-nilai aswaja an-Nahdliyah, Pemberian jadwal materi nilai-nilai aswaja an-Nadliyah yang akan disampaikan, Pengelolaan pembelajaran menggunakan pengelolaan motivasioal yaitu dengan meningkatkanmotivasi rekan-rekanita dalam mempelajari dan memahami nilai-nilai aswaja anNahdliyah. (2) merencanakan kegiatan dengan megadakan membaca al-Qur’an dan al-Barzanji, dan berkomunikasi dengan kyai dengan tujuan akan membentuk sikap kepribadian yang baik sesuai dengan ahlusunnah wal jamaah terutama nilainilai aswaja an-Nadhliyah dan terhindar dari pemahaman dan pemikiran radikalisme, Nahdliyah mengadakan kegiatan forsa (forum silaturahmi anggota) dengan penerapan melalui mauidhoh hasanah yaitu melalui kegiatan silahturahmi tersebut diajarkan bagaimana kita saling memberikan masukan cara menerapkan nilai-nilai aswaja an-Nadhliyah dalam kehidupan sehari-hari. (3) memberikan dampak yang positif untuk semua rekan-rekanita IPNU IPPNU, karena dengan adanya pemahaman nilai-nilai aswaja an-Nahdliyah sangat membantu mereka memahami dan memiliki pemikiran yang jernih dalam menyampaikan suatu pendapat, dan mereka juga tidak terpengaruh dengan pendapat dan pemikiran yang radikal ketika melaksanakan kegiatan organisasi, sangat berpengaruh terhadap rekan-rekanita terutama dalam kedisiplinan, amanah, sikap jujur bahkansikap kerjasama dalam berorganisasi agar para rekan-rekanita terbiasa dalam memahami cara menerapkan nilai-nilai aswaja an-Nahdliyah di dalam kegiatan organisasi IPNU IPPNU

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan
Pendidikan Islam
Penyiaran Islam
Peradilan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506194014 AZIS KHOIRI
Date Deposited: 22 Mar 2024 01:32
Last Modified: 22 Mar 2024 01:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44250

Actions (login required)

View Item View Item