IMPLEMENTASI MODEL BELAJAR STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS X di MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG

ZULFA ULI NUHA, 12209193126 (2024) IMPLEMENTASI MODEL BELAJAR STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS X di MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (971kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (72kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Model Belajar Student Team Achievement Division (STAD) dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Geografi Kelas X di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung ” ini ditulis oleh Zulfa Uli Nuha, NIM.12209193126, pembimbing Nur Isroatul Khusna, M.Pd. Kata Kunci : Model Belajar, STAD, Saintifik Tahun 2019 adalah masa pandemi covid yang mengubah pelayanan pendidikan menjadi system daring. Dua tahun berlalu kehidupan mulai normal kembali namun momen tersebut masih membekas bagi siswa. Siswa kelas X MA At-Thohiriyah telah melakukan pembelajaran sistem daring selama kurang lebih tiga tahun lamanya. Dalam mempererat komunikasi antar siswa maupun guru maka perlu adanya strategi pembelajaran. Penggunaan model belajar STAD dan pendekatan saintifik dapat membantu guru dalam mengatasi masalah interaksi antar siswa. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana proses pembelajaran geografi dengan menggunakan model belajar Student Team Acievement Division (STAD) dan pendekatan Saintific pada kelas X di MA At- Thohiriyah Ngantru Tulungagung, 2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Geografi dengan menggunakan model belajar Student Team Acievement Division (STAD) dan pendekatan Saintific pada kelas X di MA At- Thohiriyah Ngantru Tulungagung. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran geografi dengan menggunakan model belajar Student Team Acievement Division (STAD) dan pendekatan Saintific pada kelas X di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Geografi dengan menggunakan model belajar Student Team Acievement Division (STAD) dan pendekatan Saintific pada kelas X di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengetahui lebih dekat tentang obyek yang sedang diteliti, wawancara digunakan untuk mengetahui atau menemukan permasalahan secara terbuka tentang model pembelajaran STAD dan pendekatan saintifik sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data-data melalui penyelidikan dokumen-dokumen yang sudah ada. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pada proses pembelajaran dengan model belajar STAD dan pendekatan saintifik perlu adanya penyusunan strategi untuk memadukan dua unsur tersebut. Model belajar STAD dan pendekatan saintifik memiliki konsep masing-masing. Konsep dalam STAD meliputi penyajian materi, kegiatan kelompok, tes, penghitungan skor, dan pemberian reward. Sedangkan tahapan-tahapan pendekatan saintifik meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan inofrmasi, mengasosiasi dan mengkomunikasi. 2) Faktor pendukungnya pada penggunaan model belajar STAD dan pendekatan saintifik yaitu fasilitas dalam kelas yang memadai, media yang digunakan menarik model pembelajaran yang digunakan tidak monoton, dan adanya interaksi antara guru dan siswa yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurang disiplinnya siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193126 ZULFA ULI NUHA
Date Deposited: 19 Mar 2024 06:07
Last Modified: 19 Mar 2024 06:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44289

Actions (login required)

View Item View Item