ISMI MAHFADHOTUL HIKMAH, 12205183147 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK DI MI ALHIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Di Mi Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Ismi Mahfadhotul Hikmah, NIM 12205183147, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, pembimbing Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata kunci: Strategi Guru, Karakter Penelitian ini dilaksanakan dalam konteks oleh adanya fenomena yang terjadi pada zaman ini yaitu menurunnya moral dan karakter bangsa. Masih banyak siswa yang dalam kehidupan sehari- harinya berkata kotor, kasar dan kurang menerapkan karakter religious, sopan santun dan kejujuran. Kemanjuan teknologi yang tidak dibarengi dengan karakter yang baik sehingga banyak siswa yang menyalahgunakan teknologi. Karena sebagian kegiatan anak ada di lingkungan sekolah maka diperlukan ditanamkannya karakter religious, sopan santun dan kejujuran. Mengingat bahwa karakter tersebut merupakan cikal bakal seseorang untuk menjadi pribadi yang lebih baik dalam lingkungan sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari. Fokus dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter religious pada peserta didik di MI AlHidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter jujur pada peserta didik di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter sopan santun pada peserta didik di MI AlHidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung? Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Jenis Penelitan ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data primer, dan sekunder. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mendapatkan data yang dapat dipertanggung jawabkan keabsahannya maka digunakan triangulasi artinya membandingkan observasi,dokumentasi dan juga wawancara yang berkaitan. Hasil penelitian di MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung peneliti dapat menyimpulkan bahwa: (1) Strategi guru dalam menanamkan nilainilai karakter religious di MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung yaitu dengan guru menata niat siswa untuk beribadah, pemahaman beribadah, pelaksanaan praktik ibadah dan pembiasaan. Pelaksanaan strategi pembiasaan yaitu terdiri dari kegiatan pembelajaran, pembiasaan ketika pembelajaran antara lain berdoa sebelum memulai pembelajaran, membaca dan menghafalkan asmaul husna, menghafal surat-surat pendek, dan menjawab salam ketika guru memberikan salam. Kegiatan diluar pembelajaran, pembiasaan diluar jam pembelajaran antara lain sholat dhuha berjamaah, sholat dhuhur berjamaah, tadarus al qur’an, pondok ramadhan dan memperingati hari besar Islam. (2) Strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter jujur di MI AL Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung yaitu pemberian pendidikan dan pengarahan sikap jujur, hukuman atau punishment, serta melakukan evaluasi berkelanjutan. (3) Strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter sopan santun yaitu pemberian contoh nyata, membiasakan untuk berperilaku sopan santun dan kedisiplinan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183147 ISMI MAHFADHOTUL HIKMAH |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 07:52 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 07:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44411 |
Actions (login required)
View Item |