PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN JIGSAW MATERI PROGRAM LINEAR DI SMK NEGERI BANDUNG KELAS X TAHUN AJARAN 2015/2016

PUSPITA WULANDARI, 2814123023 (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN JIGSAW MATERI PROGRAM LINEAR DI SMK NEGERI BANDUNG KELAS X TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (666kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Jigsaw Materi Program Linear Di SMK Negeri Bandung Kelas X Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Puspita Wulandari, NIM. 2814123023, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika (TMT), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Eni Setyowati, MM. Kata kunci : Team Assisted Individualization (TAI), jigsaw, pembelajaran, program linear Model pembelajaran kooperatif menekankan pada aktifitas siswa yang saling membantu, bekerja sama, bertukar pikiran, berdiskusi dan beragumentasi dalam suatu kelompok kecil agar pengetahuan mereka bertambah serta mampu menyelesaikan persoalan secara lebih mudah. Pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) adalah pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran kooperatif dengan pengajaran individual dan pembelajaran kooperatif jigsaw adalah salah satu pendekatan dalam pembelajaran kooperatif dimana dalam penerapannya siswa dibentuk dalam kelompok-kelompok, tiap kelompok terdiri atas tim ahli sesuai dengan pertanyaan yang disiapkan guru maksimal lima pertanyaan sesuai dengan jumlah tim ahli. Sedangkan hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh siswa setelah melalui kegiatan belajar atau setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Jigsaw materi program linear di SMK Negeri Bandung kelas X tahun ajaran 2015/2016. (2) Apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Jigsaw materi program linear di SMK Negeri Bandung kelas X tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen. Metode pengambilan data melalui tes, dokumentasi dan observasi. Metode tes digunakan untuk mencari nilai hasil belajar siswa di SMK Negeri Bandung Tulungagung. Sedangkan metode dokumentasi dan observasi digunakan untuk menggali data tentang keadaan siswa sebelum penelitian, populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen sekolah. Pada penelitian ini analisis data menggunakan uji beda t-test. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil pengolahan data yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) berdasarkan data penelitian yang diperoleh dapat diketahui nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 87,6053 dan rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 82,5556. Berdasarkan nilai rata-rata tersebut dapat diketahui nilai hasil belajar siswa kelas pada eksperimen 1 tergolong tinggi meskipun ada beberapa siswa dengan nilai dibawah KKM, dan untuk kelas eksperimen 2 dapat diketahiu nilai hasil belajar siswa tergolong sedang meskipun ada beberapa siswa dengan nilai dibawah KKM. Sedangkan nilai standar deviasi atau simpangan baku dari kelas eksperimen 1 sebesar 8,5473 dan nilai standar deviasi kelas eksperimen 2 sebesar 11,7021. Berdasarkan nilai standar deviasi tersebut dapat diketahui bahwa kelas eksperimen 2 mempunyai sampel yang lebih beragam dari pada sampel kelas eksperimen 1, karena nilai standar deviasi kelas eksperimen 2 lebih besar dari pada nilai standar deviasi kelas eksperimen 1. (2) berdasarkan hasil perhitungan analisis data tes diperoleh t_hitung = 2,0812 ≥ t_tabel = 1,99346, dengan demikian H_1 diterima, yang berarti ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Jigsaw materi program linear di SMK Negeri Bandung kelas X tahun ajaran 2015/2016. Selain itu, berdasarkan perhitungan nilai mean kelas eksperimen dan kelas kontrol didapatkan mean kelompok eksperimen = 87,6053 > mean kelompok kontrol = 82,5556. Sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Jigsaw materi program linear di SMK Negeri Bandung kelas X tahun ajaran 2015/2016. Berdasarkan perhitungan effect size menggunakan rumus cohen’s yang telah dilakukan besarnya perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Jigsaw sebesar 0,517 atau 69%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123023 PUSPITA WULANDARI
Date Deposited: 03 Jan 2017 02:12
Last Modified: 03 Jan 2017 02:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4442

Actions (login required)

View Item View Item