PENGARUH GAME KAHOOT TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 5 KEDIRI MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA

NAILAH SABIRA HASANAH, 12208193103 (2024) PENGARUH GAME KAHOOT TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 5 KEDIRI MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (862kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (508kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (418kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Game Kahoot Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTsN 5 Kediri Materi Sistem Ekskresi Manusia” ini ditulis oleh Nailah Sabira Hasanah, NIM. 12208193103, Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, pembimbing Haslinda Yasti Agustin, S. Si., M. Pd. Kata Kunci : Kahoot, minat belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA karena guru masih menggunakan metode konvensional dan media belajar berupa powerpoint dan Lembar Kerja Siswa. Pentingnya minat belajar peserta didik menjadi pengaruh besar dalam proses pembelajaran. kegiatan belajar akan berhasil apabila terjadipemusatan perhatian terhadap materi yang disampaikan. Timbulnya minat belajar dapat dilakukan dengan adanya variasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru sehingga mampu meningkatkan nilai akademik peserta didik. Salah satu variasi pembelajaran dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi saat ini yaitu dengan penggunaan game Kahoot sebagai alat evaluasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis pengaruh game Kahoot terhadap minat belajar peserta didik kelas VIII MTsN 5 Kediri materi sistem ekskresi manusia. 2) Menganalisis seberapa besar pengaruh game Kahoot terhadap minat belajar peserta didik kelas VIII MTsN 5 Kediri materi sistem ekskresi manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif degan jenis penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Pengambilan data penelitian ini berupa angket, tes, dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII MTsN 5 Kediri dan sampel yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji Independent Sample T-test dan uji effect size Hasil penelitian yang dilakukan yaitu 1) Terdapat pengaruh penggunaan game Kahoot terhadap minat belajar peserta didik kelas VIII MTsN 5 Kediri pada materi sistem ekskresi manusia. Berdasarkan perhitungan hasil uji Independent Sample T-test untuk nilai angket minat belajar peserta didik diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,00. 2) Terdapat pengaruh yang besar penggunaan game Kahoot terhadap minat belajar peserta didik kelas VIII MTsN 5 Kediri pada materi sistem ekskresi manusia. Berdasarkan perhitungan hasil uji effect size diperoleh hasil sebesar 1,77 yang berarti termasuk dalam kategori besar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208193103 NAILAH SABIRA HASANAH
Date Deposited: 26 Mar 2024 02:31
Last Modified: 26 Mar 2024 02:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44512

Actions (login required)

View Item View Item