GILANG ROHMAN ALAMSYAH, 12405193241 (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Pisang Crispy Dua Putri dan Pisang Raja Tanduk). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (251kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (77kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pisang Crispy Dua Putri dan Pisang Raja Tanduk)” ini ditulis oleh Gilang Rohman Alamsyah, NIM. 12405193241, dengan pembimbing Rizal Furqan Ramadhan, S.Kom., M.T. Dalam menghadapi persaingan, sebuah usaha perlu menerapkan strategi pemasaran yang efisien guna untuk meningkatkan volume penjualan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan strategi pemasaran yang digunakan oleh Usaha Mikro Kecil Menengah Pisang Crispy Dua Putri dan Pisang Raja Tanduk. 2) Untuk menganalisis perbandingan startegi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada Usaha Mikro Kecil Menengah Pisang Crispy Dua Putri dan Pisang Raja Tanduk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif yaitu penelitian yang lebih mengutamakan pengamatan fenomena dan memerlukan insting yang tajam dalam mengambil keputusan. Teknik pengambilan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. informan penelitian ini adalah pemilik, karyawan dan konsumen dari UMKM Pisang Crispy Dua Putri dan Pisang Raja Tanduk Hasil penelitian ini adalah : (1) Strategi pemasaran yang digunakan oleh UMKM Pisang Crispy Dua Putri dan Pisang Raja Tanduk dalam upaya meningkatkan volume penjualan yaitu strategi marketing mix 4P. Pada usaha pisang crispy dua putri membuat dua varian produk untuk strategi product, strategi price menggunakan harga rabat dengan memberikan potongan harga, strategi place memilih lokasi yang strategis, strategi promotion menggunakan banner dan media sosial. Pada usaha pisang goreng raja tanduk menerapakn strategi product dengan menjaga mutu dan kualitas, strategi price menggunakan harga rabat dengan memberikan potongan harga. Kemudian pada strategi place memilih lokasi yang strategis. Pada strategi promotion dilakukan dari mulut ke mulut dan media cetak berupa banner. Strategi tersebut telah berhasil meningkatkan jumlah volume penjualan pada kedua usaha tersebut. (2). Perbedaan penerapan strategi marketing mix pada kedua usaha tersebut yaitu, pada strategi product usaha pisang crispy dua putri membuat dua varian produk yaitu besar dan kecil sedangkan usaha pisang goreng raja tanduk hanya satu varian. Kemudian pada strategi price usaha pisang crispy dua putri menerapkan harga lini yaitu dengan memberikan dua pilihan harga. Pada strategi promotion usaha pisang crispy dua putri menggunakan media sosial untuk melakukan promosi sedangkan usaha pisang goreng raja tanduk hanya dari media banner dan personal selling. Kata Kunci : UMKM, Marketing Mix, Volume Penjualan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam Ekonomi > Manajemen Syariah Ekonomi > Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 12405193241 GILANG ROHMAN ALAMSYAH |
Date Deposited: | 02 Apr 2024 03:04 |
Last Modified: | 02 Apr 2024 03:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44637 |
Actions (login required)
View Item |