STRATEGI PEMBELAJARAN GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTsN 1 TRENGGALEK

YUNITA PERMATASARI, 12201183464 (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTsN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (694kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (283kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Kelas VII Di MTsN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Yunita Permatasari, NIM 12201183464, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing M. Dwi Toriyono, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam, Pendidikan Karakter Seorang guru SKI dituntut untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan menyajikan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik. Salah satu cara yang dapat ditempuh oleh seorang guru untuk memiliki strategi tersebut yaitu dengan menguasai strategi pembelajaran. Melalui mata pelajaran SKI diharapkan mampu menanamkan karakter peserta didik yang memiliki budi pekerti, sopan santun dan nilai kehidupan yang lebih baik. Tujuan penelitian disini antara lain: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran guru SKI dalam membentuk karakter peserta didik kelas VII di MTsN 1 Trenggalek. (2) Untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran guru SKI dalam membentuk karakter peserta didik kelas VII di MTsN 1 Trenggalek. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran guru SKI dalam membentuk karakter peserta didik kelas VII di MTsN 1 Trenggalek. Metodeapenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus, yang diperoleh dari sumber data diantaranya kepala madrasah, waka kurikulum, guru mata pelajaran SKI, dan peserta didik kelas VII. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan dalam penelitian ini meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Perencanaan pembelajaran guru SKI dalam membentuk karakter peserta didik kelas VII di MTsN 1 Trenggalek dilakukan dengan guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), mempelajari materi dan mengembangkannya, serta menyiapkan media pembelajaran yang tepat, selain itu dalam pembentukan karakter di dukung dengan adanya program-program madrasah yang mendukung adanya pendidikan karakter yaitu berupa pembiasaan.(2) Implementasi pembelajaran guru SKI dalam membentuk karakter peserta didik kelas VII di MTsN 1 Trenggalek yaitu guru melaksanakan proses pembelajaran yang sudah dirancang dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mencakup tiga tahap, yaitu tahap kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. dengan penanaman karakter disini yaitu karakter religius disetiap awal pembelajaran dengan berdo'a, kedua karakter semangat kebangsaan dan cinta tanah air dengan menyanyikan lagu nasional, ketigs karakter komunikatif dilakukan saat berdiskusi, keempat karakter menghargai prestasi ketika presentasi hasil pekerjaan di depan kelas, Dan terakhir karakter disiplin siswa harus mengkumpulkan tepat waktu tugas yang diberikan guru. (3) Evaluasi pembelajaran guru SKI dalam membentuk karakter peserta didik kelas VII di MTsN 1 Trenggalek yaitu guru menggunakan evaluasi formatif dan sumatif, pada tahap evaluasi dari mulai ulangan harian sampai Penilaian Tengah Semester nilainya cukup meningkat secara signifikan atau di atas Kriteria Kompetensi Minimum.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183464 YUNITA PERMATASARI
Date Deposited: 03 Apr 2024 07:30
Last Modified: 03 Apr 2024 07:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44659

Actions (login required)

View Item View Item