STRATEGI GURU MATA PELAJARAN IPS DALAM MENUMBUHKAN SIKAP SOSIAL SISWA DI MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR

SAMSUL HADI, 12209183071 (2024) STRATEGI GURU MATA PELAJARAN IPS DALAM MENUMBUHKAN SIKAP SOSIAL SISWA DI MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (768kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ”Strategi Guru Mata Pelajaran IPS Dalam Menumbuhkan Sikap Sosial Siswa Di Ma Ma’arif Udanawu Blitar” ditulis oleh samsul hadi ,NIM 12209183071, pembimbing Nur Isroatul Husna, M,Pd Kata kunci:strategi guru, sikap sosial Penelitian ini bermula ketika peneliti menemukan sebuah gagasan baru mengenai pembelajaran ips, guru menemukan berbagai permasalahan permasalah sosial tentang sikap dari para siswa yang lambat laun mulai menurun, pada penelitian ini guru menemukan sebuah strategi baru dalam pembelajaran ips yang berguna untuk menumbuhkan sikap sosial pada diri siswa. Fokus masalah pada penelitian ini meliputi (1) Bagaimana perencanaan program guru ilmu pengetahuan sosial dalam meningkatkan sikap sosial di MA Ma’arif Udanawu Blitar (2) bagaimana pelaksanaan program strategi yang digunakan guru ilmu pengetahuan sosial dalam meningkatkan sikap sosial di MA Ma’arif Udanawu Blitar (3) bagaimana evaluasi program guru ilmu pengetahuan sosial dalam meningkatkan sikap sosial di MA Ma’arif Udanawu Blitar. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui perencanaan program guru ilmu pengetahuan sosial dalam meningkatkan sikap sosial di MA Ma’arif Udanawu Blitar (2) untuk mengetahui pelaksanaan program strategi yang digunakan guru ilmu pengetahuan sosial dalam meningkatkan sikap sosial di MA Ma’arif Udanawu Blitar (3) untuk mengetahui pelaksanaan program guru ilmu pengetahuan sosial dalam meningkatkan sikap sosial di MA Ma’arif Udanawu Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.pengamatan dilakukan langsung oleh peneliti untuk menemukan strategi guru IPS dalam menumbuhkan sikap sosial siswa dilakukan dengan cara Adapun sumber data yang ditentukan yaitu terdapat data primer dan data sekunder. Data primer dari penelitian ini yaitu dari guru mata pelajaran ips, wakil kurikulum, dan juga para siswa. Hasil penelitian ini pada tahap perencanaan guru sebelum mengajar terlebih dahulu memberikan motivasi pada siswa, selain itu guru juga membuat perencanaan pelaksanaan pembelajaran, selain itu guru juga mengaitkan pembelajaran dengan pembenahan sikap siswa. Adapun pelaksanaan yang dilakukan pada proses pembelajaran yaitu siswa harus disiplin, siswa juga dibiasakan terlebih dahulu berdoa sebelum memulai pembelajaran, siswa dibiasakan untuk saling sapa kepada semua warga madrasah dan siswa di biasakan membuang sampah pada tempatnya. Faktor penghambat yaitu kurangnya pengawasan orang tua pada siswa sehingga pembentukan sikap hanya dilakukan di sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209183071 SAMSUL HADI
Date Deposited: 18 Apr 2024 07:50
Last Modified: 18 Apr 2024 07:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44775

Actions (login required)

View Item View Item