PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN IPS TERPADU PADA MATERI MOBILITAS SOSIAL KELAS VIII DI MTs MIFTAHUL ULUUM LODOYO, KECAMATAN SUTOJAYAN, KABUPATEN BLITAR

SITI KHOTIMAH, 12209173074 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN IPS TERPADU PADA MATERI MOBILITAS SOSIAL KELAS VIII DI MTs MIFTAHUL ULUUM LODOYO, KECAMATAN SUTOJAYAN, KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)

Abstract

Skripsi denganjudul “Pengembangan Media Video Pembelajaran IPS Terpadu Pada Materi Mobilitas Sosial Kelas VIII di MTs Miftahul Uluum Lodoyo Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Siti Khotimah, NIM. 12209173074, Pembimbing Hendra Pratama, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Media video pembelajaran, mobilitas sosial. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya variasi guru dalam menggunakan media pembelajaran serta kurangya sarana dan prasarana dan untuk menciptakan suasana belajar yang menarik peserta didik. Penelitian ini yakni mengembangkan media video pembelajaran dengan sub materi mobilitas sosial dan pengembangan video pembelajaran telah sering dilakukan untuk mengobservasi efektivitas media terhadap kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui analisis kebutuhan pengguna media video pembelajaran pada materi mobilitas social kelas VIII di MTs Miftaahul Uluum Lodoyo, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar. 2) mengetahui proses pengembangan sebagai media pembelajaran pada materimo bilitas social. 3) mengetahu itingkat kevaliditan Pengembangan video. Metode yang digunakan adalah research and development (R&D) sepuluh langkah yang dikembangkan Borg dan Gall. Pengumpulan data berdasarkan observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakanan deskriptif kualitatif dan kuantitaf. Efektivitas penggunaan media video pembelajaran dilakukan dengan uji validitas dan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) analisis kebutuhan peneliti mengetahui bahwa peserta didik kurang memperhatikan jika media pembelajaran hanya memanfaatkan Buku LKS Pegangan Siswa dimana penyampaian materi pembelajaran kurang maksimal apalagi masa pembelajaran daring, sehingga mengakibatkan hasil belajar peserta didik juga menurun dengan begitu dibutuhkannya suatu media pembelajaran yang lebih inovatif, kreatif dan menyenangkan sehingga dapat menarik peserta didik dalam mempelajari materi mobilitas sosial. Sehingga perlu untuk dilakukan pengembangan suatu media yang sesuai dengan kondisi pembelajaran di sekolah. 2) proses pengembangan video pembelajaran IPS materi mobilitas social kelas VIII Tingkat SMP/MTs dapat peneliti lalui dengan baik sehingga menghasilkan media berupa video pembelajaran di MTs Miftaahul Uluum Lodoyo, 3) media video pembelajaran dapat diketahui tingkat kevalidan dengan beruji validitas video pembelajaran terhadap ahli media dan ahlimateri sebesar 86,6%, 91,1%, , guru IPS kelas VIII di MTs Miftaahul Uluum Lodoyo94,4%, skala kecil79,1%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran bernilai sangat valid digunakan sebagai media pembelajaran karena terbukti dapat meningkatkan prestasi hasil belajar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209173074 SITI KHOTIMAH
Date Deposited: 05 Apr 2024 06:33
Last Modified: 05 Apr 2024 06:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44815

Actions (login required)

View Item View Item