DESIKA IMAFATUL, 17204163154 (2024) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA PADA KELAS VIII SMP. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (6MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (4MB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
Abstract
Fenomena yang terjadi saat peneliti melakukan observasi mata pelajaran matematika di kelas VIII E SMPN 2 Ngadiluwih Kediri, masih terdapat siswa yang kurang aktif mengikuti kegiatan belajar mengajar. Selain itu, siswa hanya diberikan permasalahan dan penyelesaian yang ada di Lembar Kerja Siswa (LKS) sehingga siswa hanya terpacu pada contoh-contoh soal di buku mereka. Sehingga siswa terbiasa menyelesaikan soal matematika dengan menggunakan satu cara (metode) saja. Hal tersebut mengakibatkan siswa tidak mempunyai kebebasan atau keterbukaan untuk menyelesaikan permasalahan sesuai dengan kemampuan berpikir kreatifnya. Untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif serta tingkat kemampuan kreatif siswa, maka peneliti menggunakan tiga indikator yaitu, kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas VIII E SMPN 2 Ngadiluwih dengan kemampuan awal tinggi dalam menyelesaikan soal open ended materi sistem persamaan linear dua variabel, (2)Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas VIII E SMPN 2 Ngadiluwih dengan kemampuan awal sedang dalam menyelesaikan soal open ended materi sistem persamaan linear dua variabel, (3)Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas VIII E SMPN 2 Ngadiluwih dengan kemampuan awal rendah dalam menyelesaikan soal open ended materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII E, yaitu 2 siswa berkemampuan awal rendah, 2 siswa berkemampuan awal sedang, dan 2 siswa berkemampuan awal tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tulis, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkahlangkah reduksi data, penyajian data, dan verification. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kemampuan berpikir kreatif siswa dengan kemampuan awal tinggi berada pada tingkat 4 (sangat kreatif), dimana memenuhi indikator kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan; (2) Kemampuan berpikir kreatif siswa dengan kemampuan awal sedang berada pada tingkat 2 (cukup kreatif) dan tingkat 3 (kreatif). Indikator yang dipenuhi pada tingkat 2 adalah fleksibel. Sedangkan pada tingkat 3 indikator yang terpenuhi kefasihan dan fleksibilitas; (3) Kemampuan berpikir kreatif siswa dengan kemampuan awal rendah berada pada tingkat 0 (tidak kreatif) dan tingkat 1 (kurang kreatif), pada tingkat 0 termasuk tidak ada indikator berpikir kreatif yang terpenuhi. Sedangkan indikator berpikir kreatif yang dipenuhi pada tingkat 1 adalah kefasihan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Mutu Pendidikan Pendidikan Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Prestasi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204163154 DESIKA IMAFATUL |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 03:46 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 03:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44832 |
Actions (login required)
View Item |