IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM MEMBINA KARAKTER PESERTA DIDIK SMP ISLAM HAMALATUL QUR’AN AL-IJABAH DESA BLITARAN KECAMATAN SUKOMORO KABUPATEN NGANJUK

DONI EKA SAPUTRA, 12201183353 (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM MEMBINA KARAKTER PESERTA DIDIK SMP ISLAM HAMALATUL QUR’AN AL-IJABAH DESA BLITARAN KECAMATAN SUKOMORO KABUPATEN NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an untuk membina krakater peserta didik di SMP Islam Hamalatul Qur’an Al-Ijabah Blitaran, Sukomoro, Nganjuk” yang ditulis oleh Doni Eka Saputra, NIM 12201183353, di bimbing oleh Dr. St. Noer Farida Laila,. MA Kata Kunci: Program Tahfidz Al-Qur’an, Karakter Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi di lingkungan di sekitar sekolah terutama pada kecamatan Sukomoro wilayah tempat sekolah, minimnya minat menghafal Al-Qur’an dan bimbingan karakter pada sekolah jenjang SMP diwilayah kecamatan Sukomoro yang kurang maksimal menjadikan anak pada usia SMP lebih memilih bermain handphone saat waktu senggang sehingga waktu habis dan tidak mendapatkan pendidikan karakter yang baik. Minimnya kegiatankegiatan yang dapat membina karakter peserta didik sehingga menjadikan pendidikan karakter di wilayah lingkungan kecamatan Sukomoro terbilang masih sedikit tertutama usia pada jenjang SMP. Program Tahfidz Al-Qur’an suatu kegiatan yang dapat meningkatan karakter pada peserta didik, karena kegiatan di dalam Program Tahfidz bukan hanya menghafal akan tetapi juga di ajarkan bagimana seseorang berperilkau baik dengan cara berpedoman pada Al-Qur’an. SMPI Hamalatul Qur’an Al-Ijabah memilih Program Tahfidz untuk upaya untuk membina karakter peserta didik, agar peserta didik selalu berpedoman pada AlQur’an dan unggul dalam akhklakul karimah dan moral dalam kehidupan seharihari. Adapun yang menjadi Fokus pada penelitian ini sebagai berikut 1) Bagaimana Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an di SMP Islam Hamalatul Qur’an Al-Ijabah Desa Blitaran, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk. 2) Bagaimana Pembentukan Karakter Peserta Didik melalui Program Tahfidz AlQur’an di SMP Islam Hamalatul Qur’an Al-Ijabah Desa Blitaran, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk menjelaskan Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an di SMP Islam Hamalatul Qur’an Al Ijabah Desa Blitaran, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk. 2) Untuk menjelaskan pembentukan karakter melalui pelaksanaan program tahfidz di SMP Islam Hamalatul Qur’an Al-Ijabah Desa Blitaran, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya Kepala Sekolah SMP Islam Hamalatul Qur’an, Waka Kurikulum SMP Islam Hamalatul Qur’an, Ustadz SMP Islam Hamalatul Qur’an, dan Peserta Didik SMP Islam Hamalatul Qur’an. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Pengecekan Keabsahan Data dengan ketekunan pengamatan dan Triangulasi.Hasil Penelitian ini menunjukkan: (1) Pelaksanaan Program Tahfidz dengan mempersiapkan jadwal, mempersiapkan target hafalan, mempersiapkan fasilitas yang mendukung dan ketenagaan yang berkompeten, menerapkan metode yaitu setoran dan murajaah, melakukan Evaluasi yang dilakukan satu semester sekali dengan mengetes hafalan dan bacaan. (2) Pembinaan Karakter melalui program tahfidz dilakukan dengan Metode yaitu Metode Keteladanan, Metode Pembiasaan, dan Metode Motivasi, sehingga muncul karakter Tawadhu’, Taat, dan Disiplin pada peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183353 DONI EKA SAPUTRA
Date Deposited: 17 Apr 2024 09:19
Last Modified: 17 Apr 2024 09:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44855

Actions (login required)

View Item View Item