BEBYANA FITRI KUSUMA, 12212193082 (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI SEL ELEKTROKIMIA. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (843kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (454kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (332kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (328kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) | Preview |
Abstract
Proses pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk mencapai tujuan pendidikan, dan bagaimana proses pembelajaran berlangsung sangat mempengaruhi peserta didik dalam memahami materi yang diajarkan. Salah satu faktor yang mempengaruhi peserta didik dalam memahami materi yaitu pada penggunaan media pembelajaran. Umumnya penggunaan media masih bersifat konvensional yang membuat peserta didik cenderung kurang tertarik, sehingga perlu digunakan media pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan tidak membosankan, yaitu dengan penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Penggunaan multimedia interaktif sangat cocok digunakan pada mata pelajaran yang sulit seperti kimia utamanya pada materi sel elektrokimia. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. 3) mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate, yang dimodifikasi menjadi model 3D. Penelitian pengembangan yang dilakukan hanya sampai pada tahap ketiga yaitu develop atau pengembangan dengan uji validasi produk oleh 2 validator dan uji terbatas respon peserta didik yang dilakukan oleh 30 peserta didik kelas XII IPA SMAN 1 Tulungagung. Uji validasi dilakukan dengan pengisian lembar validasi ahli materi dan ahli media masing-masing berisi 20 butir pertanyaan, dan pengisian angket respon peserta didik sebanyak 13 pertanyaan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukkan 1) proses pengembangan mealui 3 tahap yaitu define, design, dan develop, 2) hasil validasi ahli media dan materi diperoleh rata-rata persentase sebesar 95,86% dengan kategori sangat layak dan hasil validasi ahli media dengan rata-rata persentase sebesar 96,32% dengan kategori sangat layak. 3) hasil analisis data uji coba terbatas diperoleh rata-rata persentase sebesar 83,87% dengan kategori sangat baik, sehingga dengan demikian media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dapat digunakan sebagai media ajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 12212193082 BEBYANA FITRI KUSUMA |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 03:29 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 03:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44913 |
Actions (login required)
View Item |